Pasande', Yuliati (2024) ANALISIS KEMANTAPAN LERENG PADA PERLAPISAN TAMBANG BATUBARA PIT X PT CIPTA KRIDATAMA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR = SLOPE STABILITY ANALYSIS OF COAL SEAM AT PIT X PT CIPTA KRIDATAMA KUTAI KARTANEGARA REGENCY, EAST KALIMANTAN PROVINCE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/46186/1.hassmallThumbnailVersion/D111191043_skripsi_04-04-2024%20cover1.png)

D111191043_skripsi_04-04-2024 cover1.png
Download (168kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D111191043_skripsi_04-04-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (911kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D111191043_skripsi_04-04-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (981kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D111191043_skripsi_04-04-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 15 May 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Lereng pit X PT Cipta Kridatama merupakan lereng yang sementara aktif dalam penggalian sehingga material yang ditambang menyebabkan munculnya banyak bidang-bidang diskontinuitas pada muka lereng dan diprediksi dapat mengalami longsor. Dalam menjaga keselamatan kerja dan menghindari timbulnya kerugian untuk pekerja dan perusahaan, analisis terhadap lereng pit X sangat diperlukan. Analisis dilakukan menggunakan metode Rock Mass Rating (RMR), metode Kinematika, dan metode Kesetimbangan Batas Morgenstern-Price. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai RMR pada lokasi 1 yaitu 77 (kelas 2, batuan baik), sedangkan lokasi 2 memiliki milai RMR yaitu 60 (kelas 3, batuan sedang). Lereng seam 190 memiliki nilai faktor keamanan sebesar 2,214 dengan potensi terjadinya longsoran guling tipe oblique toppling pada arah N137°E, dapat disimpulkan bahwa lereng seam 190 adalah stabil. Untuk lereng keseluruhan, memiliki nilai faktor keamanan sebesar 1,041 dimana lereng ini berada dalam kondisi kritis (tidak aman). Pemodelan ulang desain lereng dilakukan apabila nilai FK tidak memenuhi standar dengan melakukan perubahan pada jenjang dengan bench RL-41 sampai bench RL-71. Rekomendasi perubahan pada desain lereng tersebut didapatkan nilai FK sebesar 1,372 yang berarti sudah stabil menurut standar perusahaan.
Keywords : Kemantapan Lereng, Jenis Longsoran, Limit Equilibrium Method, Metode Morgenstern-Price, Faktor Keamanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Slope Stability, Kinematic Analysis, Limit Equbilirium Method, Morgernstern-Price Slice Method, Factor of Safety. |
Subjects: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 00:43 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 00:43 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46186 |