ANALISIS EFEKTIVITAS HEAT EXCHANGER TYPE SHELL AND TUBE MENGGUNAKAN CFD = ANALYSIS OF THE EFFECTIVENESS OF HEAT EXCHANGER TYPE SHELL AND TUBE USING CFD


Nur, Muhammad Ilham (2024) ANALISIS EFEKTIVITAS HEAT EXCHANGER TYPE SHELL AND TUBE MENGGUNAKAN CFD = ANALYSIS OF THE EFFECTIVENESS OF HEAT EXCHANGER TYPE SHELL AND TUBE USING CFD. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D091191081_skripsi_04-04-2024 cover.png

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D091191081_skripsi_04-04-2024 1-21(FILEminimizer).pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D091191081_skripsi_04-04-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D091191081_skripsi_04-04-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 8 May 2027.

Download (10MB)

Abstract (Abstrak)

Heat exchanger type shell and tube merupakan alat penukar kalor yang banyak diguankan karena memiliki konstruksi yang sederhana, kokoh, kemudahan dari segi perawatan dan terhitung ekonomis. Salah satu industri perkapalan yang mengaplikasian heat exchanger type shell and tube adalah KM. Sirimau sebagai oil cooler untuk mendinginkan oil. Oil menjadi hal yang sangat penting dalam operasional permesinan kapal karena merupakan lapisan pelindung untuk memisahkan dua permukaan pada mesin yang saling bergesekan. Kenaikann suhu oil dapat menurunkan efisiensi kerja yang dapat berakibat fatal pada bagian permesinan. Sehingga perlunya pengkajian mengenai oil cooler khsususnya heat exchanger type shell and tube agar suhu oil dapat dipertahankan pada suhu tertentu. Analisis dilakukan menggunkan ANSYS untuk mengetahui selisih temperatur rata-rata logaritmik dan efektivitas heat exchanger dengan variasi tekanan pada fresh water. Berdasarkan hasil simulasi yang telah dilakukan menggunakan ANSYS CFX, pada tekanan 2,2 bar diperoleh selisih temperatur rata-rata logaritmik (LMTD) sebesar 31,221 °C dengan efektivitas hasil simulasi 65,73% dan efektivitas hasil perhitungan 63,29%. Pada tekanan 2,3 bar diperoleh nilai LMTD sebesar 31,341 °C dengan efektivitas hasil simulasi 65,47% dan efektivitas hasil perhitungan 62,27%. Pada tekanan 2,4 bar nilai LMTD sebesar 31,444 °C dengan efektivitas hasil simulasi 65,24% dan efektivitas hasil perhitungan 61,31%.

Keyword : Heat Exchanger Type Shell and Tube, oil, tekanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Shell and Tube type Heat Exchanger, Oil, Pressure.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sistem Perkapalan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 07 Jul 2025 05:59
Last Modified: 07 Jul 2025 05:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46042

Actions (login required)

View Item
View Item