TRIYANDI, FACHRIAL NOVRI (2024) Uji Performansi Sistem Ducting Pada Geladak Kendaraan Tertutup Kapal Ferry Ro-Ro Lintas Lembar-Padang Bai Menggunakan CFD = Ducting System Performance Test on Closed Vehicle Decks of Ro-Ro Ferry Ships Lintas Lembar-Padang Bai Using CFD. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/46041/1.hassmallThumbnailVersion/D091191052_skripsi_15-01-2024%20cover1.png)

D091191052_skripsi_15-01-2024 cover1.png
Download (166kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D091191052_skripsi_15-01-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (603kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D091191052_skripsi_15-01-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D091191052_skripsi_15-01-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 8 May 2027.
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
Kapal Ferry Ro-Ro Lintas Lembar %u2013 Padang Bai memiliki konstruksi geladak kendaraan tertutup yang disebabkan oleh muatan (kendaraan) berada dibawah geladak kekuatan. Geladak kendaraan didesain sebagai ruang muat kedap air agar terlindungi dari iklim luar yang tidak menguntungkan, sehingga aktivitas dalam bangunan berjalan aman. Sistem ducting memegang peranan penting dalam pengkondisian udara geladak kendaraan tertutup, sistem ducting bekerja secara mekanik yang berfungsi memberikan suplai udara segar kedalam ruangan tertutup dan mengeluarkan udara panas dari dalam ruangan agar bersirkulasi sehingga temperatur udara dalam ruang sebagaimana diatur oleh rules BKI (Biro Klasifikasi Indonesia) Vol.3 peraturan instalasi mesin Bab 1 tetap dalam rentang 0 %u030AC sampai 45 %u030AC. Tipe desain ducting system existing dipilih sebagai objek penelitian dikarenakan kapal masih dalam proyek pembangunan sehingga perubahan desain masih memungkinkan diajukan apabila ada bukti temuan ketidak sesuaian terhadap aturan konstruksi. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beban panas, performa sistem ducting, dan desain alternatif ducting existing dengan pendekatan computational fluid dynamics (CFD) menggunakan software ANSYS R2 2022. Pada pengujian ducting system existing memberikan informasi bahwa desain exhaust ducting system existing menyebabkan turbulensi aliran udara sehingga air terminals terjauh tidak berfungsi menghisap udara dalam ruangan. Sehingga dibutuhkan dua desain exhaust ducting system alternatif untuk memenuhi aturan yang berlaku. Hasil penelitian menunjukkan pengaplikasian desain alternatif varian 2 exhaust ducting system mampu menurunkan temperatur upper cardeck menjadi 38,74 %u030AC dan lower cardeck menjadi 32,75 %u030AC atau temperature geladak kendaraan lebih rendah 10% dibandingkan desain existing.
Keyword : kapal ferry ro-ro, geladak kendaraan tertutup, temperatur, ducting, beban panas, computational fluids dynamic (CFD), laju aliran massa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ro-ro ferries, closed vehicle decks, temperature, ducting, heat loads, computational fluids dynamics (CFD), mass flow rates. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Sistem Perkapalan |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 05:59 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 05:59 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46041 |