PENGARUH VARIASI TEGANGAN TERHADAP PENGENDALIAN LAJU KOROSI MENGGUNAKAN IMPRESSED CURRENT CATHODIC PROTECTION PADA PELAT KAPAL MILD STEEL GRADE A36 = THE INFLUENCE OF VOLTAGE VARIATION ON CONTROLLING CORROSION RATE USING IMPRESSED CURRENT CATHODIC PROTECTION ON SHIP MILD STEEL PLATES GRADE A36


Putra, Andi Muhammad Usamah Dwi (2024) PENGARUH VARIASI TEGANGAN TERHADAP PENGENDALIAN LAJU KOROSI MENGGUNAKAN IMPRESSED CURRENT CATHODIC PROTECTION PADA PELAT KAPAL MILD STEEL GRADE A36 = THE INFLUENCE OF VOLTAGE VARIATION ON CONTROLLING CORROSION RATE USING IMPRESSED CURRENT CATHODIC PROTECTION ON SHIP MILD STEEL PLATES GRADE A36. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D091191007_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D091191007_skripsi_04-04-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (919kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D091191007_skripsi_04-04-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (723kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D091191007_skripsi_04-04-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 7 March 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Pembangunan kapal di Indonesia perlu mematuhi standar keamanan dan keselamatan yang ketat, terutama karena kapal laut yang terbuat dari baja, rentan terhadap korosi di lingkungan laut yang korosif. Korosi pada pelat lambung kapal dapat mengancam kekuatan dan kecepatan kapal, serta keselamatan muatan dan penumpang. Metode pencegahan korosi, seperti penggunaan lapisan pelindung, zinc anode, dan ICCP, menjadi penting. Meskipun zinc anode umum digunakan, metode potensial proteksi katodik khususnya ICCP, jarang diterapkan pada kapal yang dirancang di Indonesia. Metode ini menggunakan sumber daya listrik eksternal dengan konsumsi anoda rendah, cocok untuk lingkungan laut yang sangat korosif, dan dapat menggunakan berbagai jenis anoda. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan membandingkan dampak proteksi zinc anode dan ICCP pada variasi tegangan tertentu terhadap laju korosi pada pelat baja yang mengalami gerakan relatif dalam lingkungan yang menyebabkan korosi. Berdasarkan pengujian selama 240 jam perendaman pelat baja, ditemukan bahwa laju korosi tertinggi terjadi pada pelat tanpa proteksi, mencapai 0,920 mm/y selama 10 hari dengan perendaman aliran rendah. Penggunaan zinc anode, terutama pada kecepatan 0,117 m/s, berhasil mengurangi laju korosi menjadi 0,353 mm/y dibandingkan tanpa proteksi dengan kondisi yang sama. Sebaliknya, metode ICCP pada tegangan 10,06 Volt pada spesimen dengan kecepatan aliran 0,183 m/s, menunjukkan tingkat laju korosi terendah sebesar 0,180 mm/y. Efektivitas metode ICCP dipengaruhi oleh posisi anoda yang sangat dekat dengan spesimen, menekankan peran signifikan posisi anoda dalam melindungi dari korosi. Dengan demikian metode ICCP lebih efektif dalam menghambat laju korosi pada pelat baja dibandingkan dengan zinc anode. Proses pengujian menunjukkan bahwa tegangan listrik berdampak signifikan terhadap proteksi luasan permukaan pelat, dengan peningkatan tegangan menyebabkan peningkatan aliran elektrolit ke permukaan struktur dan meningkatkan tingkat proteksi.

Keyword : Korosi, Pelat Baja, Zinc Anode, ICCP, Variasi Tegangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Corrosion, Steel Plate, Zinc Anode, ICCP, Voltage Variation.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sistem Perkapalan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 07 Jul 2025 01:46
Last Modified: 07 Jul 2025 01:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46027

Actions (login required)

View Item
View Item