ARIF, NUR ANNISA (2024) PENGARUH VARIASI DUCT PROPELLER TERHADAP GAYA DORONG PADA KAPAL IKAN 30 GT = THE EFFECT OF PROPELLER DUCT VARIATIONS ON THE FORCE ON A 30 GT FISHING VESSEL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/46015/1.hassmallThumbnailVersion/D091181011_skripsi_04-04-2024%20cover1.png)

D091181011_skripsi_04-04-2024 cover1.png
Download (158kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D091181011_skripsi_04-04-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D091181011_skripsi_04-04-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D091181011_skripsi_04-04-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 7 May 2027.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Kapal ikan merupakan salah satu transportasi laut yang sering digunakan terutama diperairan indonesia. kapal ikan membutuhkan kecepatan seefisien mungkin agar ikan hasil dari tangkapan dapat sampai tujuan dengan keadaan yang masih fresh, sehingga sistem propulsi menjadi salah satu acuan dalam menghasilkan kecepatan secara efisien. Sistem propulsi terbagi dalam beberapa jenis yang salah satunya itu ducted propeller. Ducted propeller merupakan propeller yang memiliki selubung atau duct atau biasa juga disebut dengan kort nozzle. Adapun prinsip kerja dari kort nozzle atau duct itu sendiri yaitu memusatkan aliran fluida yang masuk ke dalam propeller. Tujuan dari peneliatian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Ducted Propeller terhadap karakteristik propeller meliputi thrust dan torque, peningkatan efisiensi propulsi serta pengaruh variasi diameter dari ducted propeller pada kecepatan konstan 5.504 m/s. Pada penelitian ini dilakukan variasi diameter duct yaitu 0.78 m, 0.80 m, dan 0.82 m. Metode pendekatan yang digunakan yaitu metode CFD (Computational fluid dynamic). Hasil penelitian menunjukkan penambahan Duct pada propeller kapal memiliki pengaruh dalam meningkatkan thrust atau torque. Efisiensi propulsi optimum dicapai saat penggunaan diameter duct 0.82 m yakni 27%.
Keyword : Kapal Ikan, Ducted Propeller, Efisiensi Propulsi, Computational fluid dynamic
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fishing Boats, Ducted Propeller,Propulsion Efficiency,Computational fluid dynamics. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 00:34 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 00:34 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46015 |