MODEL SIMULASI DISKRIT HEADTRUCK PADA PROSES BONGKAR MUAT DI TERMINAL PETIKEMAS NEW MAKASSAR (TERMINAL 1) = HEADTRUCK DISCRETE SIMULATION IN THE LOADING AND UNLOADING PROCESS AT THE NEW MAKASSAR CONTAINER TERMINAL (TERMINAL 1)


NIGGA, ISMY SYATIRAH (2024) MODEL SIMULASI DISKRIT HEADTRUCK PADA PROSES BONGKAR MUAT DI TERMINAL PETIKEMAS NEW MAKASSAR (TERMINAL 1) = HEADTRUCK DISCRETE SIMULATION IN THE LOADING AND UNLOADING PROCESS AT THE NEW MAKASSAR CONTAINER TERMINAL (TERMINAL 1). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D081201010_skripsi_31-07-2024 cover1.jpg

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D081201010_skripsi_31-07-2024 bab I-II(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D081201010_skripsi_31-07-2024 dapus(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D081201010_skripsi_31-07-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 6 May 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Terjadinya antrian pada Terminal Petikemas New Makassar (Terminal 1) mengakibatkan Headtruk petikemas harus menunggu untuk dilayani. Dalam antisipasi peningkatan arus barang yang terjadi tiap tahunnya, perlu adanya fokusan yang dilakukan dari segi infrastruktur/fasilitas di terminal. Terdapat antrian yang berbeda-beda di setiap blok pelayanan di Terminal Petikemas New Makassar (Terminal 1). Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode simulasi diskrit. Dalam penerapan simulasi diskrit dibantu dengan software simulasi yang bernama Arena. Pada Terminal Petikemas New Makassar (Terminal 1) terdapat 2 jenis Headtruk, yaitu HT Bongkar dan Muat. Waktu perjalanan Headtruk bongkar dan muat di dalam terminal sekitar 30-50 detik. Untuk jarak waktu Pelayanan RTG sekitar 1-3 menit dan RS sekitar 45-90 detik. Dengan diakukan penerapan model simulasi diskrit, didapatkan rata-rata waktu tunggu di setiap lapangan penumpukan. Rata-rata waktu tunggu yang mengalami antrian Headtruk terlama yaitu pada Blok Lapangan Penumpukan I, dengan rata-rata waktu tunggu selama 84,03 menit. Hasil skenario didapatkan, rata-rata waktu tunggu menjadi menjadi 2,69 menit. Maka dengan hasil skenario tersebut, skenario dengan pertambahan 1 unit RS adalah skenario yang terbaik atau optimal untuk Blok Lapangan Penumpukan I. Rata-rata waktu tunggu menjadi 2,69 menit. Pengurangan total biaya BBM sebesar Rp.5.22 juta/hari, dan blok lapangan penumpukan I dapat menangani sebanyak 32 HT, lebih banyak dari pada kondisi saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Terminal Container New Makassar (Terminal 1), Discrete simulation, Arena, receiving delivery, Headtruck, Waiting time.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Kelautan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:21
Last Modified: 03 Jul 2025 02:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45964

Actions (login required)

View Item
View Item