Patabang, Gabriela Natasya (2024) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo) = Analysis of the Effect of Service Quality, Product Quality, and Price on Customer Loyalty Through Customer Satisfaction (Case Study at Perumda Tirta Mangkaluku, Palopo City). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/45931/1.hassmallThumbnailVersion/D071191026_skripsi_06-03-2024%20cover1.png)

D071191026_skripsi_06-03-2024 cover1.png
Download (190kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D071191026_skripsi_06-03-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (673kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D071191026_skripsi_06-03-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D071191026_skripsi_06-03-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 2 May 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Seiring dengan pertumbuhan yang pesat dari jumlah penduduk di kota Palopo, permintaan terhadap layanan air bersih terus mengalami peningkatan. Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo yang merupakan perusahaan milik daerah, memegang peran krusial dalam menyediakan pasokan air bersih kepada masyarakat. Air menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat, oleh karena itu, Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo dituntut untuk mampu memenuhi kebutuhan konsumen, sesuai dengan kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga yang diharapkan. Fokus pada kualitas, pelayanan, dan harga yang diberikan kepada konsumen dapat membantu perusahaan memenangkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada konsumen Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan teknik sampling dalam pengambilan sampel. Data primer penelitian ini dikumpulkan dari 200 responden yang merupakan pengguna layanan jasa Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo. Teknik analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SmartPLS. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Serta kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan.
Keyword : Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Structural Equation Modelling (SEM)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Service Quality, Product Quality, Price, Customer Loyalty, Customer Satisfaction, Structural Equation Modeling (SEM). |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 01:33 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 01:33 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45931 |