HIPERREALITAS PRESENTASI DIRI DI MEDIA SOSIAL(ANALISIS SEMIOTIKA KONTEN TIKTOK A DAY IN MY LIFE) = THE HYPERREALITY OF SELF-PRESENTATION ON SOCIAL MEDIA (SEMIOTIC ANALYSIS OF TIKTOK CONTENT A DAY IN MY LIFE)


Rante, Harun Adisua Toding (2024) HIPERREALITAS PRESENTASI DIRI DI MEDIA SOSIAL(ANALISIS SEMIOTIKA KONTEN TIKTOK A DAY IN MY LIFE) = THE HYPERREALITY OF SELF-PRESENTATION ON SOCIAL MEDIA (SEMIOTIC ANALYSIS OF TIKTOK CONTENT A DAY IN MY LIFE). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022222017_tesis_24-09-2024 cover1.png

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022222017_tesis_24-09-2024 1-2.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
E022222017_tesis_24-09-2024 dp.pdf

Download (641kB)
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
E022222017_tesis_24-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 September 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan denotasi, konotasi, dan mitos dalam hiperrealitas presentasi diri pada konten TikTok A Day In My Life, dan untuk menganalisis proses pembentukan hiperrealitas presentasi diri pada konten TikTok A Day In My Life. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika Roland Bathes, untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi pada konten TikTok A Day In My Life pada akun TikTok Sisca Kohl, Dave Stn, dan Lisahaliza27. Penelitian ini menunjukkan bahwa hiperrealitas presentasi diri dalam konten "A Day In My Life" di TikTok adalah strategi yang digunakan oleh konten kreator untuk memilih aspek-aspek dari kehidupan mereka yang ingin di tampilkan atau sembunyikan, serta bagaimana mereka ingin dipandang oleh penonton, hal tersebut digambarkan melalui pembedahan makna denotasi, konotasi hingga mitos. Dalam fenomena ini, konten kreator memanfaatkan pembentukan citra dengan merefleksikan, menutupi, dan memutarbalikkan realitas, bahkan hingga menyembunyikan ketiadaan realitas. Meskipun demikian, mereka tetap mempertahankan hubungan dengan realitas, tidak sepenuhnya menghilangkannya dari apa yang mereka tampilkan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Hiperrealitas, Presentasi Diri, Media Sosial, Semiotika
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 01 Jul 2025 07:44
Last Modified: 01 Jul 2025 07:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45719

Actions (login required)

View Item
View Item