Mahatma, Sakinah Elberina (2023) PERSEPSI MAHASISWA KEDOKTERAN ANGKATAN 2023 TERHADAP PEMBELAJARAN BLENDED-LEARNING PADA MATA KULIAH ANATOMI = PERCEPTIONS OF 2023 MEDICAL STUDENTS ON BLENDED-LEARNING IN ANATOMY COURSES. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/45716/1.hassmallThumbnailVersion/C011201009_skripsi_29-02-2024%20Cover1.jpg)

C011201009_skripsi_29-02-2024 Cover1.jpg
Download (252kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
C011201009_skripsi_29-02-2024 bab1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
C011201009_skripsi_29-02-2024 Dapus.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
C011201009_skripsi_29-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 December 2027.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang : Penggunaan teknologi dalam pendidikan, terutama melalui metode blended learning, di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sejak tahun 2018 menawarkan berbagai manfaat seperti fleksibilitas, akses temporal, dan peningkatan kemandirian belajar. Evaluasi terhadap persepsi mahasiswa terkait metode ini menjadi penting untuk memahami keberhasilan dan kendala dalam implementasinya. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi persepsi mahasiswa kedokteran angkatan 2023 terkait penerapan pembelajaran anatomi dengan metode blended-learning. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Data primer dikumpulkan melalui kuisioner. Hasil : 1) Preferensi mahasiswa lebih mendukung penggunaan pembelajaran daring, khususnya dengan e-learning dan Quizziz, dibandingkan opsi pembelajaran lainnya. (2) Evaluasi positif diberikan oleh mahasiswa dalam semua aspek, termasuk pengajar, lingkungan belajar, metode pembelajaran, dan akses internet. (3) Mahasiswa memberikan beragam tanggapan terkait faktor pendukung dan penghambat pembelajaran blended-learning, melibatkan kompetensi dosen, lingkungan kolaboratif, kesiapan, dan motivasi mahasiswa. Faktor penghambat melibatkan sikap buruk dari dosen, kurangnya kepercayaan diri mahasiswa, dan lingkungan belajar yang tidak memadai. Kesimpulan : Evaluasi positif mahasiswa terhadap pengajar, lingkungan belajar, metode pembelajaran, dan akses internet menunjukkan dampak positif performa dosen terhadap minat dan partisipasi mahasiswa dalam blended learning. Dukungan dari mahasiswa dan dosen memperkaya pengalaman pembelajaran, sementara metode blended learning dinilai sangat positif dengan keyakinan bahwa partisipasi mereka akan lebih efektif. Akses internet yang mudah dan pemanfaatan e-learning memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran secara fleksibel.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended learning, pembelajaran anatomi, metode pembelajaran, mahasiswa kedokteran |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:32 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 07:32 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45716 |