PENGARUH TERPAAN INFORMASI POLITIK DI MEDIA SOSIAL TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI POLITIK IBU-IBU DALAM PEMILIHAN CALON PRESIDEN RI TAHUN 2024


Hidayat, Dien Zulfikri (2024) PENGARUH TERPAAN INFORMASI POLITIK DI MEDIA SOSIAL TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI POLITIK IBU-IBU DALAM PEMILIHAN CALON PRESIDEN RI TAHUN 2024. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022221029_tesis_08-07-2024 cover1.png

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022221029_tesis_08-07-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
E022221029_tesis_08-07-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
E022221029_tesis_08-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 May 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

DIEN ZULFIKRI HIDAYAT. Pengaruh Terpaan Informasi Politik Di Media Sosial Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Ibu-Ibu Dalam Pemilihan Calon Presiden RI Tahun 2024. (Dibimbing oleh Moeh Iqbal Sultan dan Muliadi Mau).
Tujuan penelitian ini ialah: (1) Untuk menganalisis tingkat terpaan informasi poltik di media sosial pemilih ibu-ibu dalam pemilihan calon Presiden RI tahun 2024, (2) Untuk menganalisis tingkat partisipasi politik pemilih ibu-ibu dalam pemilihan calon Presiden RI tahun 2024, (3) Untuk menganalisis pengaruh terpaan informasi politik di media sosial terhadap tingkat partisipasi politik ibu-ibu dalam pemilihan calon Presiden RI tahun 2024.
Penelitian ini berlangsung kurang lebih selama tiga bulan, terhitung sejak bulan September hingga November 2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui teknik survei. Teknik pengumpulan data melalui pembagian kuesioner atau angket dan studi literatur berupa studi kepustakaan, jurnal ilmiah, referensi buku, dan lain-lain yang berkaitan dengan topik penelitian. Populasi dari penelitian ini adalah ibu-ibu yang ada di kota Makassar berjumlah 445.100 orang. Sampel penelitian menggunakan teknik Probability Sampling dengan metode Cluster Sampling. Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%, sehingga didapatkan sampel berjumlah 348 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan uji regresi linear sederhana. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat terpaan informasi politik di media sosial masuk dalam kategori sedang dengan persentase 60,1%. (2) Tingkat partisipasi politik ibu-ibu di kota Makassar masuk dalam kategori sedang dengan persentase 70,7%. (3) Terpaan informasi politik di media sosial memiliki pengaruh positif terhadap tingkat partisipasi politik ibu-ibu di kota Makassar dengan nilai koefisien korelasi 0,624, nilai koefisien determinasi sebesar 38,9% dan persamaan Y=7,222 + 0,739X. Ini dapat diartikan bahwa tiap penambahan 1 nilai terpaan informasi politik, maka nilai tingkat partisipasi politik bertambah sebesar 0,739. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel terpaan informasi politik terhadap tingkat partisipasi politik adalah positif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Informasi, Informasi Politik, Partisipasi Politik, Pemilihan Presiden 2024, Kota Makassar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 30 Jun 2025 06:48
Last Modified: 30 Jun 2025 06:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45662

Actions (login required)

View Item
View Item