Analisis Tingkat Kebisingan Pada Arus Mudik Lebaran Di Jalan Poros Makassar-Maros = Analysis of Noise Levels During The Eid Homecoming Flow on The Makassar-Maros Axis Road


Putri, St. Suri Adinda Tiara (2024) Analisis Tingkat Kebisingan Pada Arus Mudik Lebaran Di Jalan Poros Makassar-Maros = Analysis of Noise Levels During The Eid Homecoming Flow on The Makassar-Maros Axis Road. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D131201045_skripsi_09-09-2024 cover1.png

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D131201045_skripsi_09-09-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D131201045_skripsi_09-09-2024 dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
D131201045_skripsi_09-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 August 2027.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Mudik dari dulu hingga kini identik dengan hiruk-pikuk keramaian. Jalan-jalan akan dipenuhi oleh arus kendaraan dibandingkan dengan hari biasanya. Aktivitas ini menjadi salah satu sumber kebisingan lalu lintas yang dapat menggangu masyarakat sekitar.
Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kebisingan di Jalan Poros Makassar-Maros pada saat arus mudik serta mengetahui korelasi antara kebisingan dengan volume kendaraan, kecepatan kendaraan dan jumlah bunyi klakson. Penelitian dilakukan pada tanggal 6 - 7, 12 - 13 April dan 6 Mei 2024 padal pukul 06.00 – 20.00 WITA untuk satu titik yang memiliki volume lalu lintas yang tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara statistik terdapat perbedaan yang signifikan antara pengukuran hari mudik dan hari normal,diketahui tingkat kebisingan rata-rata pada H-3 lebaran sebesar 78,34 dB, pada H-2 lebaran sebesar 78,63 dB, pada H+2 lebaran sebesar 77,66 dB, pada H+3 lebaran sebesar 75,41 dB dan pada hari normal sebesar 74,22 dB. Angka ini telah melewati ambang batas kebisingan yang ditetapkan dalam KeMenLH No.48 Tahun 1996. Sementara hubungan antara kebisingan dengan volume kendaraan, kecepatan kendaraan dan jumlah bunyi klakson dianalisis menggunakan program SPSS. Hasil menunjukkan volume kendaraan dan kecepatan kendaraan memiliki pengaruh kuat terhadap tingkat kebisingan. Sedangkan hasil uji korelasi bunyi klakson memiliki pengaruh terhadap kebisingan hanya pada H-3, H+2 lebaran dan hari normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebisingan, Arus Mudik, SPSS, korelasi, Sound Level Meter
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 26 Jun 2025 01:57
Last Modified: 26 Jun 2025 01:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45543

Actions (login required)

View Item
View Item