PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA PENGGUNA E-WALLET DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HASANUDDIN


Khaerunnisa, Qanitah (2024) PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA PENGGUNA E-WALLET DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HASANUDDIN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E031201048_skripsi_05-08-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E031201048_skripsi_05-08-2024 cover1.png

Download (595kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
E031201048_skripsi_05-08-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
E031201048_skripsi_05-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Qanitah Khaerunnisa. E031201048. Judul Skripsi “Perilaku Impulsive Buying pada Mahasiswa Pengguna E-wallet di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin”. Dibimbing oleh Dr. M. Ramli AT, M.Si dan Arini Enar Lestari AR, S.Pd., M.Sos. Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku impulsive buying pada mahasiswa pengguna E-wallet. Lokasi penelitian dilaksanakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin pada bulan Maret-April 2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe deskriptif. Jumlah responden sebanyak 82 mahasiswa yang dipilih secara acak sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kecenderungan perilaku impulsive buying pada mahasiswa pengguna E-wallet di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin. Diantara keempat indikator yang membentuk perilaku impulsive buying, yaitu impuls murni (pure impulse), impuls pengingat (reminder impulse), impuls saran (suggestion impulse), dan impuls terencana (planned impulse) maka impuls terencana (planned impulse) menjadi indikator yang paling besar kontribusinya. Selain itu, orientasi perilaku impulsive buying yang terjadi pada mahasiswa pengguna E-wallet menunjukkan bahwa responden lebih berorientasi pada nilai guna dibandingkan nilai tanda. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah top-up E-wallet responden yang rata-rata tinggi, namun hal tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Impulsive Buying, E-wallet, Impuls Terencana, Nilai Guna
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:19
Last Modified: 03 Jun 2025 02:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45106

Actions (login required)

View Item
View Item