DANIATANTI, FARISNA (2024) Strategi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Produk pada UKM Berkah = Marketing Strategy in Efforts to Enhance Product Competitiveness at Berkah SME. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/44925/1.hassmallThumbnailVersion/G021191019_skripsi_27-06-2024%20cover1.png)

G021191019_skripsi_27-06-2024 cover1.png
Download (475kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
G021191019_skripsi_27-06-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (785kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
G021191019_skripsi_27-06-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (713kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
G021191019_skripsi_27-06-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
UKM Berkah merupakan bisnis skala kecil yang memproduksi olahan peyek kacang dan keripik pisang yang berlokasi di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukamaju, Kabupaten Luwu Utara. Penjualan peyek kacang dan keripik pisang mengalami penurunan semenjak pandemi Covid 19 dan hingga saat ini belum ada peningkatan yang signifikan. Hal ini dikarenakan kurang nya minat beli konsumen, adanya produk sejenis, dan daya beli masyarakat rendah. Olehnya itu UKM Berkah perlu menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk dapat meningkatkan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Merumuskan strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh UKM Berkah guna meningkatkan daya saing produknya; (2) Menentukan prioritas strategi pemasaran yang paling tepat untuk diterapkan pada UKM Berkah guna meningkatkan daya saing produknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskkriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan skunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Data skunder diperoleh dari studi literatur, seperti jurnal dan buku yang mendukung untuk memperkuat teori sebagai dasar dalam penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dan AHP (Analytical Hierarchy Process) dengan bantuam software Expert Choice 11. Pada metode AHP dibantu dengan kuesioner perbandingan berpasangan dengan penilaian yang telah ditetapkkan untuk mendapatkan prioritas strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan. Hasil metode AHP dinyatakkan konsisten jika nilai CR ≤ 0,10. Berdasarkan analisis SWOT diperoleh 11 alternatif strategi yang akan diperhitungkan menggunakan AHP untuk merumuskan prioritas strategi pemasaran yang tepat. Sehingga diperoleh prioritas strategi berdasarkan analisis yaitu melakukan kerjasama dengan pemasok agar mendapat harga bahan baku murah, dan dapat menjual dengan harga terjangkau.
Keyword : AHP, analisis SWOT, daya saing produk, strategi pemasaran, UKM
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | AHP, SWOT analysis, marketing strategy, product competitiveness, SME. |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 02:27 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 02:31 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44925 |