PALIMBONG, CHELSI CHINDY (2024) CITIZEN E-READINESS PELAYANAN PUBLIK BERBASIS WEBSITE DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN SORONG = CITIZEN E-READINESS WEBSITE-BASED PUBLIC SERVICES AT THE DEPARTMENT OF COMMUNICATIONS AND INFORMATICS OF SORONG REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/44593/1.hassmallThumbnailVersion/E011201028_skripsi_29-07-2024%20cover1.jpg)

E011201028_skripsi_29-07-2024 cover1.jpg
Download (194kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E011201028_skripsi_29-07-2024 bab I-II(FILEminimizer).pdf
Download (498kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
E011201028_skripsi_29-07-2024 dapus(FILEminimizer).pdf
Download (504kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
E011201028_skripsi_29-07-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 3 March 2027.
Download (885kB)
Abstract (Abstrak)
Chelsi Chindy Palimbong“Citizen e-Readiness Pelayanan Publik Berbasis Website Di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sorong (Dibimbing oleh Dr. Muh.Tang Abdullah, S.Sos., M.A.P.) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Bagaimana Citizen e-Readiness Pelayanan Publik Berbasis Website Di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sorong. E-Government yang merupakan konsep pemerintahan digital yang mengembangkan penggunaan teknologi, informasi dan komunikasi dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan, memudahkan interaksi dengan masyarakat dan mendorong terselenggaranya pelayanan publik yang prima. Oleh karena itu untuk tercapainya penerapan g-Government maka dibutuhkan kesiapan pemerintah, masyarakat baik secara individu maupun kelompok dalam pemanfaatan teknologi (e-Readiness). Penerapan SPBE diharapkan dapat meningkatkan penggunaaan dan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses manajemen pemerintah. Tidak hanya dalam pemberian pelayanan publik kepada masyarakat, namun juga tata kelola internal di dalam pemerintahan. Dengan pemanfaatan website sebagai media e-Government memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas Pelayanan Publik pemerintah daerah. Dengan adanya website pemerintah daerah, Masyarakat dapat mengakses informasi dan layanan publik secara online agar terjadi interaksi dua arah dalam penyediaan informasi layanan publik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan lima indikator yaitu Culture, Human Resources, ICT Infrastructure, Business Climate, Per Capita income yang digunakan untuk menganalisis bagaimana e-Readiness pada aspek pemerintah maupun masyarakat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran yang tepat mengenai permasalahan yang dihadapi dengan didukung oleh data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Dengan adanya hasil penelitian akan menunjukkan bagaimana kesiapan masyarakat dan pemerintah dalam menjalankan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. Namun secara culture pada kenyataanya belum berjalan secara maksimal yang dapat dilihat dari upaya pemerintah dalam melakukan sosialisasi. Adapun Human Resources bahwa masyarakat secara kualitas sudah sangat terampil dan siap dalam penerapan e-Government dapat dilihat juga dengan ICT Infrastructure yang mendukung. Namun secara Business Climate dan Per Capita income perlu dilakukan peningkatan layanan untuk fitur tersebut agar manfaatnya dapat dirasakan oleh pemerintah dan masyarakat secara menyeluruh.
Kata kunci : E-Readiness; E-Government; website; Kabupaten Sorong
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Readiness; E-Government; website; Kabupaten Sorong. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 05:35 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 05:35 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44593 |