La Ode, Muhammad Fauzi Hidayat (2025) STUDI IMPACT PRESSURE PADA INVERTED BOW MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS = Impact Pressure Study on Inverted Bow using Ansys Software. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.
![[thumbnail of D031201059_skripsi_16-10-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D031201059_skripsi_16-10-2024 bab 1-2.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of D031201059_skripsi_16-10-2024 cover1.jpg]](/44309/2.hassmallThumbnailVersion/D031201059_skripsi_16-10-2024%20cover1.jpg)

D031201059_skripsi_16-10-2024 cover1.jpg
Download (262kB) | Preview
![[thumbnail of D031201059_skripsi_16-10-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D031201059_skripsi_16-10-2024 dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of D031201059_skripsi_16-10-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D031201059_skripsi_16-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 February 2027.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
La Ode Muhammad Fauzi Hidayat. Studi Impact Pressure pada Inverted Bow menggunakan Software Ansys. (dibimbing oleh Rosmani)
Kapal merupakan salah satu moda transportasi di bidang maritim. Kondisi perairan (gelombang) bagian penting yang perlu dipertimbangkan dalam pengoperasian kapal. Slamming merupakan kondisi bagian haluan kapal naik melewati permukaan gelombang dan masuk kembali ke permukaan air dengan kecepatan tinggi. Slamming terjadi saat haluan kapal ditembakkan oleh gelombang laut yang kuat, menyebabkan tekanan yang tiba-tiba dan kuat pada bagian depan kapal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak tekanan pada haluan kapal berbentuk inverted bow dengan berbagai sudut menggunakan software ansys. Penelitian ini menggunakan software Ansys. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai tekanan untuk sudut jatuh yang lebih kecil menunjukkan tekanan yang lebih besar untuk setiap kondisi kemiringan. Variasi sudut kemiringan pada pengujian drop test menunjukkan distribusi tekanan maksimum disekitar haluan kapal. Nilai tekanan maksimum yang dihasilkan terjadi pada saat model pertama kali bersentuhan dengan permukaan air pada waktu 0,11 detik. Adapun tekanan yang terbesar yang dialami yaitu pada sudut kemiringan 5 derajat dengan tekanan 2,85E+07 Pa dan tekanan terkecil yaitu pada sudut kemiringan 20 derajat dengan tekanan sebesar 2,02E+07 Pa dan hasil dari penambahan poin pada beberapa titik di bagian haluan menunjukkan distribusi tekanan maksimal di sekitar haluan kapal. Dimana nilai tekanan terbesar pada sudut jatuh 5 derajat dengan nilai secara berurut dari Point 1, Point 2, dan Point 3 yaitu 6,51E+06 Pa, 5,22E+06 Pa, dan 4,79E+06 Pa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 06:46 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 06:46 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44309 |