Strategi E-Word of Mouth dalam Meningkatkan Penjualan UMKM (Studi Kasus UMKM di Kecamatan Baruga Kota Kendari


Hamid, Audi (2025) Strategi E-Word of Mouth dalam Meningkatkan Penjualan UMKM (Studi Kasus UMKM di Kecamatan Baruga Kota Kendari. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANNUDDIN.

[thumbnail of E021211056_skripsi_31-12-2024 bab1-2.pdf] Text
E021211056_skripsi_31-12-2024 bab1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of E021211056_skripsi_31-12-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
E021211056_skripsi_31-12-2024 cover1.jpg

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of E021211056_skripsi_31-12-2024 dp.pdf] Text
E021211056_skripsi_31-12-2024 dp.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of E021211056_skripsi_31-12-2024.pdf] Text
E021211056_skripsi_31-12-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 February 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi “E-Word of Mouth” yang dilakukan oleh pelaku usaha mikro kecil menengah untuk meningkatkan penjualan; (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan strategi “E-Word of Mouth” yang dilakukan oleh pelaku usaha mikro kecil menengah untuk meningkatkan penjualan; (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan strategi “E-Word of Mouth” yang dilakukan oleh pelaku usaha mikro kecil menengah untuk meningkatkan penjualan.
Penelitian ini berlangsung pada UMKM di Kecamatan Baruga, Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan melakukan observasi serta wawancara secara mendalam. Data Primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara bersama informan yang ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria tertentu untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini. Adapun, data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, serta media berbasis internet. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis menurut Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yakni E-Word of Mouth yang dimanfaatkan oleh UMKM di Kecamatan Baruga Kota Kendari melibatkan delapan dimensi yakni t Platform Assistance (asisten platform), Venting Negative Feelings (pelampiasan perasaan negatif), Concern for Others Consumers (kepedulian terhadap sesama konsumen), Positives Self Enchancement (peningkatan diri positif), Social Benefits (manfaat sosial), Economic Incentive (insentif ekonomi), Helping the Company (membantu perusahaan), dan Advice Seeking (mencari nasehat). Strategi E-Word of Mouth yang berlangsung pada UMKM ini terbagi menjadi dua model yakni Organic E-Word of Mouth (alamiah) dan Amplified E-Word of Mouth (Buatan). Penelitian ini juga menemukan fakta bahwa terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam proses pemanfaatan strategi E-Word of Mouth oleh UMKM guna meningkatkan penjualan produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 16 Apr 2025 06:01
Last Modified: 16 Apr 2025 06:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43975

Actions (login required)

View Item
View Item