Analisis Kegagalan Sistem Pendingin Kapal Tugboat Menggunakan Metode Preliminary Hazard Analysis (PHA) dan Fault Tree Analysis (FTA) = Failure Analysis of Tugboat Cooling System Using Preliminary Hazard Analysis (PHA) and Fault Tree Analysis (FTA) Methods


Rezky, Wiwin (2024) Analisis Kegagalan Sistem Pendingin Kapal Tugboat Menggunakan Metode Preliminary Hazard Analysis (PHA) dan Fault Tree Analysis (FTA) = Failure Analysis of Tugboat Cooling System Using Preliminary Hazard Analysis (PHA) and Fault Tree Analysis (FTA) Methods. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D091201038_skripsi_31-12-2024  bab 1-2.pdf] Text
D091201038_skripsi_31-12-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D091201038_skripsi_31-12-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
D091201038_skripsi_31-12-2024 cover1.jpg

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of D091201038_skripsi_31-12-2024 dp.pdf] Text
D091201038_skripsi_31-12-2024 dp.pdf

Download (544kB)
[thumbnail of D091201038_skripsi_31-12-2024.pdf] Text
D091201038_skripsi_31-12-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 February 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Mesin pada kapal dapat beroperasi dengan optimal karena komponen pendukung yang beroperasi dengan baik, salah satunya adalah sistem pendingin sistem mesin induk. Sistem pendingin berfungsi untuk menjaga suhu pada mesin agar temperatur mesin tetap pada suhu kerja mesin. Pada saat beroperasi sistem pendingin bisa saja mengalami kegagalan pada komponen-komponennya yang dapat menyebabkan bahaya dan kerusakan pada mesin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kegagalan pada sistem pendingin mesin. Metode untuk mengidentifikasi tiap kegagalan yang mungkin terjadi menggunakan Preliminary Hazard Analysis kemudian memvisualisasikan secara hierarkis dan logis penyebab kegagalan dengan menggunakan Fault Tree Analysis (FTA). Objek penelitian dilakukan pada pada bagian sistem pendingin mesin utama kapal TB Anoman 8. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada sistem pendingin mesin utama kapal TB. Anoman 8 menunjukan bahwa kegagalan pada sistem pendingin disebabkan oleh 16 faktor dengan menggunakan metode FTA. Kemudian dilakukan penilaian prioritas faktor kegagalan
oleh responden menggunakan metode PHA terdapat 7 faktor yang memiliki risiko tinggi penyebab kegagalan sistem pendingin mesin utama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem pendingin; Preliminary Hazard Analysis; Fault Tree Analysis
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 15 Apr 2025 06:24
Last Modified: 15 Apr 2025 06:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43950

Actions (login required)

View Item
View Item