DETEKSI PERILAKU KECURANGAN SISWA DALAM PELAKSANAAN UJIAN MENGGUNAKAN METODE DEEP LEARNING


ANSHAR, MUHAJIR (2025) DETEKSI PERILAKU KECURANGAN SISWA DALAM PELAKSANAAN UJIAN MENGGUNAKAN METODE DEEP LEARNING. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D082202002_tesis_10-01-2025  bab 1-2.pdf] Text
D082202002_tesis_10-01-2025 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D082202002_tesis_10-01-2025 cover1.jpg]
Preview
Image
D082202002_tesis_10-01-2025 cover1.jpg

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of D082202002_tesis_10-01-2025 dp.pdf] Text
D082202002_tesis_10-01-2025 dp.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of D082202022_tesis_09-01-2025.pdf] Text
D082202022_tesis_09-01-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 February 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini mengembangkan sebuah sistem yang efektif untuk mendeteksi perilaku kecurangan siswa selama ujian berbasis real-time, menggunakan teknologi deteksi wajah dengan model SSD (Single Shot MultiBox Detector) dan analisis pergerakan mata dengan Haar Cascade. Sistem ini dirancang untuk bekerja dalam kondisi ujian manual, di mana pengawasan dilakukan melalui kamera video yang merekam jalannya ujian. Sistem mendeteksi wajah dan mata siswa, kemudian menganalisis perilaku mereka untuk mengidentifikasi tiga kategori utama: fokus, mencurigakan, dan menyontek. Hasil pengujian menunjukkan bahwa model SSD memiliki tingkat akurasi deteksi wajah sebesar 97,5%, sementara Haar Cascade menunjukkan akurasi deteksi mata sebesar 96,5%. Analisis perilaku siswa mengungkapkan variasi yang signifikan antara durasi fokus dan tindakan menyontek, dengan rata-rata akurasi deteksi perilaku sebesar 95%. Sistem ini juga memberikan visualisasi perilaku siswa secara komprehensif, membantu pengawas ujian dalam mengidentifikasi siswa yang memerlukan perhatian lebih. Meskipun sistem menunjukkan kinerja yang baik, beberapa tantangan ditemukan, terutama dalam kondisi pencahayaan rendah dan wajah yang sebagian tertutup. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk meningkatkan algoritma deteksi, menggunakan data latihan yang lebih beragam, dan mempertimbangkan implementasi sistem multi-kamera. Optimisasi kode dan penggunaan perangkat keras yang lebih kuat juga dapat meningkatkan efisiensi sistem. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan memiliki potensi besar untuk meningkatkan integritas akademik dengan menyediakan alat pemantauan ujian yang akurat dan responsif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 16 Apr 2025 01:49
Last Modified: 16 Apr 2025 01:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43908

Actions (login required)

View Item
View Item