A. Usama. Am, A. Usama. Am (2025) Analisis Komputasi Getaran Pada Lantai Kereta Cepat Berbahan Komposit. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of D021201045_skripsi_03-01-2025 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D021201045_skripsi_03-01-2025 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of D021201045_skripsi_03-01-2025 cover1.jpg]](/43767/2.hassmallThumbnailVersion/D021201045_skripsi_03-01-2025%20cover1.jpg)

D021201045_skripsi_03-01-2025 cover1.jpg
Download (258kB) | Preview
![[thumbnail of D021201045_skripsi_03-01-2025 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D021201045_skripsi_03-01-2025 dp.pdf
Download (513kB)
![[thumbnail of D021201045_skripsi_03-01-2025.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D021201045_skripsi_03-01-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 February 2027.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang. Pemilihan material yang tepat dalam meredam getaran sangt penting untuk menciptakan kenyamanan didalam gerbong kereta cepat. Kombinasi lapisan aluminium 6061-T6 dan aluminium foam dengan ketebalan yang berbeda memiliki potensi sebagai solusi dalam peredam getaran yang efektif. Tujuan adalah menganalisis karakteristik pengaruh variasi ketebalan skin (Aluminium 6061-T6) dan core (sandwich aluminium foam) terhadap respons getaran yang meliputi displacement, velocity, acceleration, dan stress. Simulasi dilakukan pada empat konfigurasi: (1) skin 0,5 mm dan core 10 mm, (2) skin 1 mm dan core 10 mm, (3) skin 0,5 mm dan core 15 mm, serta (4) skin 0,5 mm dan core 19 mm. Metode dimulai dengan pemodelan geometri lantai menggunakan Autodesk Fusion 360, diikuti dengan simulasi dinamis menggunakan Abaqus. Hasil menunjukkan bahwa variasi ketebalan memengaruhi respons dinamis struktur, di mana konfigurasi dengan core lebih tebal menghasilkan perpindahan dan tegangan yang lebih rendah, Hasil menunjukkan kemampuan peredaman getaran yang lebih baik. Validasi dilakukan dengan membandingkan frekuensi natural dari hasil simulasi dengan perhitungan teoritis. Tingkat kesalahan rata-rata berada di bawah 5%, menunjukkan akurasi metode yang digunakan. Kesimpulan Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan desain lantai kereta cepat yang lebih efisien, dengan bahan ringan namun tetap mampu meredam getaran secara efektif. Temuan ini dapat menjadi dasar untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pada aplikasi transportasi berkecepatan tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 02:40 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 02:40 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43767 |