Analisis Komputasi Akustik Pada Lantai Kereta Cepat Berbahan Komposit


Faisal, Ahmad Fauzan (2025) Analisis Komputasi Akustik Pada Lantai Kereta Cepat Berbahan Komposit. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D021201039_skripsi_07-01-2025 bab 1-2.pdf] Text
D021201039_skripsi_07-01-2025 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of D021201039_skripsi_07-01-2025 cover1.jpg]
Preview
Image
D021201039_skripsi_07-01-2025 cover1.jpg

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of D021201039_skripsi_07-01-2025 dp.pdf] Text
D021201039_skripsi_07-01-2025 dp.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of D021201039_skripsi_07-01-2025.pdf] Text
D021201039_skripsi_07-01-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 February 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang. Pemilihan material yang tepat dalam meredam suara sangat penting untuk menciptakan lingkungan akustik yang optimal. Kombinasi lapisan aluminium 6061-T6 dan aluminium foam dengan ketebalan berbeda memiliki potensi sebagai solusi peredam suara yang efektif. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik akustik dari empat variasi material berlapis yang terdiri dari kombinasi lapisan aluminium 6061-T6 dan aluminium foam dengan ketebalan berbeda. Variasi material meliputi konfigurasi dengan ketebalan lapisan aluminium 6061-T6 dan aluminium foam yang bervariasi, dengan tujuan untuk mengevaluasi efektivitasnya dalam meredam suara berbagai frekuensi. Metode. Penelitian ini berlandaskan pada prinsip dasar akustik yang menjelaskan bagaimana gelombang suara berinteraksi dengan material, serta pentingnya pemilihan material dalam menciptakan lingkungan akustik yang optimal. Studi ini mencakup analisis intensitas akustik, daya akustik, gradien tekanan, dan kecepatan partikel pada masing-masing variasi material. Hasil. Hasil simulasi menunjukkan bahwa intensitas akustik cenderung menurun secara eksponensial seiring bertambahnya frekuensi, dengan nilai intensitas tertinggi ditemukan pada frekuensi rendah (121.05 Hz) dan menurun drastis pada frekuensi tinggi (1000 Hz). Material dengan lapisan aluminium foam yang lebih tebal secara signifikan lebih efektif dalam meredam intensitas suara, terutama pada frekuensi tinggi, serta menunjukkan kinerja lebih baik dalam hal pengurangan daya akustik dan getaran. Kesimpulan. Dari analisis persentase error antara hasil simulasi dan perhitungan teoritis, ditemukan bahwa error berkisar antara 0.001% hingga 0.157%, dengan nilai error terkecil sebesar 0.001%, yang menunjukkan keakuratan tinggi dari model simulasi yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 10 Apr 2025 02:38
Last Modified: 10 Apr 2025 02:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43765

Actions (login required)

View Item
View Item