Adhiwansyah, Yani Ahmad (2024) TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG PANTAI LAWERE DI KABUPATEN PINRANG = LEVEL OF SATISFACTION OF LAWERE BEACH VISITORS IN PINRANG DISTRICT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANNUDDIN.
![[thumbnail of L041201048_skripsi_02-08-2024 bab I-II.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
L041201048_skripsi_02-08-2024 bab I-II.pdf
Download (584kB)
![[thumbnail of L041201048_skripsi_02-08-2024 cover1.jpg]](/43214/2.hassmallThumbnailVersion/L041201048_skripsi_02-08-2024%20cover1.jpg)

L041201048_skripsi_02-08-2024 cover1.jpg
Download (220kB) | Preview
![[thumbnail of L041201048_skripsi_02-08-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
L041201048_skripsi_02-08-2024 dp.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of L041201048_skripsi_02-08-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
L041201048_skripsi_02-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 February 2027.
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
Pihak pengelola industri pariwisata Pantai Lawere dituntut untuk selalu memperhatikan kepuasan pengunjung dan loyalitas pengunjung tempat wisata. Dengan begitu banyaknya pesaing yang ada, pengelola memerlukan pengetahuan mengenai perspektif atau penilaian pengunjungnya agar dapat menentukan pengambilan keputusan yang lebih baik. Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasaan pengunjung terhadap objek wisata Pantai Lawere di Kabupaten Pinrang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2023. Metode pengambilan sampel menggunakan Non probability sampling yang didukung oleh teknik Accidental Sampling dengan jumlah sampel 62 responden. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis Uji Validitas, Reabilitas, Custumoer Satisfaction Index, dan Important Performance Analysis. Berdasarkan hasil perhitungan tingkat kepuasan wisata Pantai Lawere memiliki nilai indeks kepuasan sebesar 88,54%. Berdasarkan hasil analisis tingkat kepentingan dan kinerja, perbaikan jalan menuju tempat wisata, penambahan rambu-rambu petunjuk arah menuju lokasi, perluasan lahan parkir, dan penambahan petugas keamanan menjadi rekomendasi yang perlu perbaikan oleh manajemen wisata dalam meningkatkan minat kunjung ulang wisatawan. Berdasarkan hasil tingkat kepuasan pengunjung dengan menggunakan perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) pada pelayanan di wisata Pantai Lawere secara umum indeks kepuasan pengunjung atas wisata Pantai Lawere untuk atribut-atribut yang diuji dengan nilai 88,54 adalah pada kriteria sangat puas, artinya kualitas pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan harapan pengunjung wisata Pantai Lawere.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pantai Lawere, Penilaian pengunjung, Tingkat kepuasan |
Subjects: | V Naval Science > V Naval Science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 04:14 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 04:14 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43214 |