Hikmah, Nur (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (Studi Eksperensial Pada UMKM Meera Cake Makassar) = MICRO SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES DEVELOPMENT STRATEGIES (Experiential Study of Meera Cake Makassar MSMEs). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.
![[thumbnail of G021201052_skripsi_28-08-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
G021201052_skripsi_28-08-2024 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of G021201052_skripsi_28-08-2024 cover1.jpg]](/43199/2.hassmallThumbnailVersion/G021201052_skripsi_28-08-2024%20cover1.jpg)

G021201052_skripsi_28-08-2024 cover1.jpg
Download (245kB) | Preview
![[thumbnail of G021201052_skripsi_28-08-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
G021201052_skripsi_28-08-2024 dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of G021201052_skripsi_28-08-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
G021201052_skripsi_28-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 February 2027.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
NUR HIKMAH. STARTEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (Studi Eksperensial Pada UMKM Meera Cake Makassar) (dibimbing oleh Rasyidah Bakri dan Muhammad Arsyad)
Latar Belakang. Meera Cake merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang manufaktur industri boga dengan menawarkan berbagai jenis kue kering, kue bolu, dan juga kue tradisional. UMKM ini berjalan sejak tahun 2020-sekarang. Meera Cake termasuk salah satu usaha yang cukup menjanjikan untuk memperoleh keuntungan yang besar dikarenakan tingginya permintaan terhadap makanan ringan atau makanan penutup masyarakat. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan yang tepat dan efektif pada UMKM Meera Cake. Metode. Keseluruhan data dan informasi diperoleh dengan menggunakan metode APPAS (Analisis Perencanaan dan Pengembangan Agrosistem). Hasil. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa masalah yang tengah dihadapi oleh Meera Cake. Masalah utama pada usaha ini ialah “Jumah Permintaan Produk Kurang”. Masalah ini disebabkan oleh banyaknya masalah akar yang dihadapi dan apabila masalah-masalah akar tersebut masih belum teratasi, maka akan menyebabkan permintaan produk rendah. Oleh sebab itu, yang menjadi sasaran utama ialah jumlah permintaan produk meningkat agar berdampak pada penerimaan usaha Meera Cake yang juga turut meningkat. Adapun tindakan yang perlu dilakukan untuk mencapai sasaran utama ialah melaksanakan evaluasi rutin setiap bulan, menambah jenis produk roti, donat, dan brownies, mencetak kemasan custom di Pulau Jawa, membangun outlet sendiri, menambah 2-3 supplier telur, dan menambah 2 orang tenaga kerja produksi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UMKM; Bisnis; Pengembangan |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 02:20 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 02:20 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43199 |