Ismi Asyrawaty Yunus, Siti (2024) Hubungan Brand Image (Citra Merek) Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pasien Instalasu Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Faisal Makassar Tahun 2024 = The Relationship of Brand Image to Customer Loyalty of Outpatient Installation Patients at Faisal Makassar Islamic Hospital in 2024. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/43094/2.hassmallThumbnailVersion/K011201187_skripsi_02-08-2024%20cover1.jpg)

K011201187_skripsi_02-08-2024 cover1.jpg
Download (314kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
K011201187_skripsi_02-08-2024 bab I-II.pdf
Download (893kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
K011201187_skripsi_02-08-2024 dapus.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
K011201187_skripsi_02-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang: Branding pada rumah sakit dapat terbentuk melalui persepsi yang diberikan pasien terkait pelayanan yang mereka dapatkan, sehingga branding yang efektif dapat membantu membangun loyalitas pelanggan. Salah satu penyebab menurunnya jumlah kunjungan pasien dikarenakan adanya persepsi kurang baik terkait image rumah sakit setelah pasien berkunjung ke rumah sakit. Tujuan: Untuk menganalisis hubungan dimensi Brand Image terhadap loyalitas pelanggan pada pasien Instalasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Islam Faisal. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik melalui pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien berulang instalasi rawat jalan RS Islam Faisal dengan sampel sebanyak 150 pasien dengan metode pengambilan sampel berupa accidental sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS dengan uji korelasi spearman kemudian data disajikan dalam bentuk tabel dan narasi untuk membahas hasil penelitian.
Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Image dimensi service offered (p=0,000, r=0,462), dimensi location (p=0,000, r=0,292), dimensi CSR (p=0,000, r=0,505), dimensi general impression (p=0,000, r=0,485), dan dimensi personnel (p=0,000, r=0,516) berhubungan dengan loyalitas pelanggan di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa seluruh dimensi pada brand image memiliki hubungan dengan loyalitas pelanggan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra, Rumah Sakit, Loyalitas, Poliklinik |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 01:47 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 01:47 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43094 |