FADILA, NURUL (2024) Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi "Bahasa Arab Pemula" dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab di MTs DDI Walimpong = The Influence of Using the "Bahasa Arab Pemula" Application in Enhancing Arabic Vocabulary Mastery at MTs DDI Walimpong. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/42975/1.hassmallThumbnailVersion/F031201026_skripsi_27-12-2024_cover1.jpg)

F031201026_skripsi_27-12-2024_cover1.jpg
Download (243kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
F031201026_skripsi_27-12-2024_Bab 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (858kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
F031201026_skripsi_27-12-2024_Dapus(FILEminimizer).pdf
Download (475kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
F031201026_skripsi_27-12-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
NURUL FADILA. Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi "Bahasa Arab Pemula" dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab di MTs DDI Walimpong di bawah bimbingan Ibu Haeriyyah, S.Ag., M.Pd.I dan Bapak Dr. Andi Agussalim, S.S., M.Hum. Latar Belakang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan penguasaan kosakata mayoritas siswa di MTs DDI Walimpong yang masih rendah dikarenakan perbedaan latar belakang pendidikan siswa, serta penggunaan fasilitas pembelajaran yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Hal ini merupakan salah satu masalah terbesar dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs DDI Walimpong. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media aplikasi “Bahasa Arab Pemula” dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab dan menganalisis pengaruh penggunaan media aplikasi “Bahasa Arab Pemula” dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs DDI Walimpong. Metode. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes (pretest dan posttest). Data telah dianalisis secara statistik menggunakan aplikasi SPSS. Hasil. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII mengalami peningkatan kosakata setelah menggunakan aplikasi “Bahasa Arab Pemula” dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Hal ini dibuktikan pada hasil uji paired sampel t-test pada nilai pretest dan posttest siswa kelas VIII di MTs DDI Walimpong yakni nilai Sig.(2-tailed) = 0,001 < 0,05. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan aplikasi “Bahasa Arab Pemula” dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa di MTs DDI Walimpong.
Kata Kunci: pengaruh, “Bahasa Arab Pemula”, kosakata bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | influence, "Bahasa Arab Pemula", Arabic vocabulary. |
Subjects: | P Language and Literature > PC Romance languages |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Asia Barat |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 01:29 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 01:29 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42975 |