Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Siporannu'ta di Kantor Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar


Wahyuni T. Halid, Nur Sri (2025) Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Siporannu'ta di Kantor Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.

[thumbnail of E011201062_skripsi_23-08-2024 bab 1-2.pdf] Text
E011201062_skripsi_23-08-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of E011201062_skripsi_23-08-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
E011201062_skripsi_23-08-2024 cover1.jpg

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of E011201062_skripsi_23-08-2024 dp.pdf] Text
E011201062_skripsi_23-08-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of E011201062_skripsi_23-08-2024.pdf] Text
E011201062_skripsi_23-08-2024.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelayanan publik berbasis aplikasi siporannu’ta di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar serta untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelayanan publik berbasis aplikasi Siporannu’ta di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Pelayanan melalui aplikasi Siporannu’ta merupakan suatu program yang diinisiasi oleh Pemerintah Kecamatan Tamalanrea dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat mempermudah proses pelayanan dikarenakan mobilisasi penduduk di Kecamatan Tamalanrea cukup tinggi sehingga akan lebih menyita waktu dan biaya masyarakat. Lokasi pada peneitian ini yaitu di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar dan Kelurahan Bira Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Adapun indikator yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu, Support (Dukungan), Capacity (Kemapuan), dan Value (Nilai Kebermanfaatan) serta indiiktor pendukung yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif melalui studi kasus. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi pelayanan Siporannu’ta belum optimal dalam pengoprasiannya untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dilihat dari beberapa indikator yang belum memenuhi. Hal ini dilihat dari adanya beberapa kendala yang ditemukan dalam proses pemberian layanan melalui aplikasi Siporannu’ta, meskipun demikian upaya terus-menerus dilakukan untuk mengatasi kendala teknis ini agar aplikasi dapat memberikan manfaat maksimal dan optimal bagi semua pihak yang terlibat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 05 Mar 2025 01:39
Last Modified: 05 Mar 2025 01:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42874

Actions (login required)

View Item
View Item