PENGARUH EDUKASI GIZI BERBASIS TEORI KOGNITIF SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU AKTIVITAS FISIK PADA REMAJA GIZI KURANG DI KEPULAUAN TANAKEKE = The Effect of Nutritional Education Based Social Cognitive Theory on Changes in Physical Activity Behavior of Undernourished Adolescents in Tanakeke Island


Tahir, Sri Wahyuni (2024) PENGARUH EDUKASI GIZI BERBASIS TEORI KOGNITIF SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU AKTIVITAS FISIK PADA REMAJA GIZI KURANG DI KEPULAUAN TANAKEKE = The Effect of Nutritional Education Based Social Cognitive Theory on Changes in Physical Activity Behavior of Undernourished Adolescents in Tanakeke Island. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K042221010_tesis_05-07-2024 cover1.jpg

Download (389kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K042221010_tesis_05-07-2024 bab I-II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
K042221010_tesis_05-07-2024 dapus.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K042221010_tesis_05-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 May 2026.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

SRI WAHYUNI TAHIR. Pengaruh Edukasi Gizi Berbasis Teori Kognitif Sosial Terhadap Perubahan Perilaku Aktivitas Fisik Remaja Gizi Kurang Di Kepulauan Tanakeke. (dibimbing oleh Nurhaedar Jafar dan Healthy Hidayanti).Latar belakang. Remaja merupakan kelompok yang rentan mengalami masalah gizi kurang karena masa remaja adalah periode kritis untuk menerapkan perilaku berhubungan dengan kesehatan dan gizi mereka. Salah satu penyebab status gizi kurang adalah intensitas aktivitas fisik yang tinggi sementara asupan makanan yang dikonsumsi tidak memenuhi kebutuhan gizi yang berakibat energi terus terpakai sehingga penyimpanan cadangan energi dalam tubuh tidak tercukupi dan dapat mengakibatkan remaja kehilangan massa otot. Tujuan. Penelitian bertujuan untuk menilai pengaruh edukasi gizi berbasis teori kognitif sosial terhadap perubahan perilaku aktivitas fisik remaja gizi kurang di Kepulauan Tanakeke. Metode. Jenis penelitian ini quasi eksperimental dengan rancangan Pre-test dan Post-Test dengan control group design. Penentuan sampel menggunakan Teknik pengambilan sampel secara acak dengan total 88 sampel dari total poulasi 164 remaja gizi kurang berdasarkan Z-score IMT/U yang dibagi dalam dua kelompok intervensi dan kontrol. Pengetahuan, self-efficacy, motivasi, dan perilaku aktivitas fisik merupakan variabel penelitian yang diukur pada kelompok intervensi dengan edukasi menggunakan modul berbasis teori kognitif sosial dan kelompok kontrol dengan edukasi menggunakan media leaflet Kemenkes. Pemberian edukasi gizi dilakukan dalam 12 sesi selama 12 minggu pada kedua kelompok. Data dianalisis menggunakan uji chi-square, Wilcoxon signed Rank Test, Paired T Test, dan Mann-Whitney. Hasil. Kelompok intervensi memperoleh skor rata-rata pengetahuan aktivitas fisik (13,8 ± 12,7) dengan p value 0.000 dan kelompok kontrol (7,7 ± 17,4) dengan p value 0.007. Kelompok intervensi juga memperoleh skor rata-rata self-efficacy terkait aktivitas fisik (58,0 ± 19,1) dan kelompok kontrol (53,7 ± 11,5) dengan p value 0,000. Kelompok intervensi juga memperoleh skor rata-rata motivasi terkait aktivitas fisik (31,1 ± 3,6) dengan p value 0,000. Pengaruh edukasi gizi pada kelompok intervensi dan kontrol terhadap motivasi, dengan p=0,036, dan perilaku aktivitas fisik, dengan p=0,006. Tidak terdapat perbedaan pengaruh edukasi gizi antara kedua kelompok terhadap pengetahuan p=0,064 dan self-efficacy p=0,072. Kesimpulan. Edukasi gizi berbasis teori kognitif sosial memberikan pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan, self-efficacy, motivasi dan perubahan perilaku aktivitas fisik dibandingkan edukasi menggunakan media leaflet.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Edukasi Gizi, Teori Kognitif Sosial, Gizi Kurang, Aktivitas Fisik, Remaja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 05 Mar 2025 06:28
Last Modified: 05 Mar 2025 06:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42787

Actions (login required)

View Item
View Item