Irama Rante, Matrik (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI Z PADA PASAR MODAL = FACTORS INFLUENCING Z GENERATION INVESTMENT DECISION IN THE CAPITAL MARKET. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.
![[thumbnail of A062222008_tesis_21-10-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
A062222008_tesis_21-10-2024 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of A062222008_tesis_21-10-2024 cover1.jpg]](/42699/2.hassmallThumbnailVersion/A062222008_tesis_21-10-2024%20cover1.jpg)

A062222008_tesis_21-10-2024 cover1.jpg
Download (245kB) | Preview
![[thumbnail of A062222008_tesis_21-10-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
A062222008_tesis_21-10-2024 dp.pdf
Download (379kB)
![[thumbnail of A062222008_tesis_21-10-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
A062222008_tesis_21-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 October 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor media sosial, fear of missing out (FoMO), dan herding behavior terhadap pengambilan keputusan investasi generasi Z di kota Makassar dengan menggunakan faktor literasi keuangan sebagai variabel moderasi. Hipotesis pengaruh faktor tersebut didasarkan pada teori Prospek yang memandang bahwa faktor psikologis investor akan membawa investor kepada proses pembuatan keputusan yang menyimpang dari rasionalitas. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner survei online yang didistribusikan kepada para investor generasi Z di kota Makassar. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan metode pengambilan sampel purposive sampling. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan pendekatan partial least square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial, FoMO, dan herding behavior berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan investasi generasi Z di kota Makassar. Literasi keuangan mampu memperlemah hubungan antara media sosial terhadap keputusan investasi dan hubungan ini menunjukkan hubungan semu. Namun, literasi keuangan tidak cukup kuat dalam memperlemah hubungan antara FoMO dan herding behavior terhadap keputusan investasi dan hubungan ini menunjukkan hubungan sempurna. Temuan ini bermanfaat bagi para investor pasar modal khususnya generasi Z untuk menyadari pengaruh faktor psikologis positif dan negatif terhadap penilaian mereka dalam pengambilan keputusan investasi.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 06:29 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 06:29 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42699 |