ANALISIS TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA DI PANTAI LEMO-LEMO KABUPATEN BULUKUMBA = ANALYSIS OF TOURIST SATISFACTION LEVELS AND TOURISM DEVELOPMENT STRATEGIES AT LEMO-LEMO BEACH BULUKUMBA CITY


NURFADILAH, NURFADILAH (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA DI PANTAI LEMO-LEMO KABUPATEN BULUKUMBA = ANALYSIS OF TOURIST SATISFACTION LEVELS AND TOURISM DEVELOPMENT STRATEGIES AT LEMO-LEMO BEACH BULUKUMBA CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P112221003_tesis_22-11-2024 COVER1.jpg

Download (386kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P112221003_tesis_22-11-2024 BAB 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P112221003_tesis_22-11-2024 DP(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P112221003_tesis_22-11-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 4 February 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang. Wisata pantai Lemo-Lemo terletak di Kec. Bontobahari Kab.Bulukumba, wisata ini memiliki daya tarik berupa keindahan yang menakjubkan seperti hamparan pasir yang berwarna putih, suasana yang tenang, udara yang sejuk serta alam yang masih alami. Tujuan. Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat kepuasan wisatawan di Pantai Lemo-Lemo dan (2) Untuk mengetahui strategi pengembangan wisata di pantai Lemo-Lemo. Metode. analisis yang digunakan adalah Costumer Satisfaction Index (CSI), Importrance Perfomance Analysis (IPA) dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity,Threath). Hasil. Penelitian diperoleh nilai tingkat kepuasan pengunjung 74.38%. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan wisatawan dapat diartikan Puas. Atribut pelayanan yang harus ditingkatkan kinerjanya adalah Kemampuan Petugas untuk cepat tanggap dan cepat dalam menangani keluhan pengunjung (2) respon petugas terhadap keinginan dan kebutuhan pengunjung (3) pengetahuan dan kemampuan petugas dalam menyelesaikan keluhan pengunjung (4) petugas memahami setiap kebutuhan dan keluhan pengunjung. Hal tersebut perlu ditingkatkan agar mencipakan tempat wisata yang mampu memberikan pelayanan terbaik dan sesuai harapan pengunjung wisata. Total skor yang didapatkan pada tabel IFAS (Internal Faktor Anlysis Strategy) yaitu 2.77 dan EFAS (Eksternal Faktor Analysis Strategy) yaitu 2.89. Kesimpulan. Strategi pengembangan wisata yaitu dengan memanfatkan peluang yang ada dan memaksimalkan ancaman sehingga wisata pantai Lemo-Lemo dapat bersaing dengan tempat wisata yang serupa.

Kata Kunci : Pantai Lemo-Lemo, Strategi Pengembangan, Tingkat Kepuasan Pengunjung

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Lemo-Lemo Beach, Levels of Visitor Satisfaction, Development Strategies.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Terpadu
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 25 Feb 2025 06:24
Last Modified: 25 Feb 2025 06:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42608

Actions (login required)

View Item
View Item