Khairah Mz, Lutfiah (2024) Persepsi Pengalaman Keselamatan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Khusus Daerah Gigi Dan Mulut Provinsi Sulawesi Selatan. Thesis thesis, unhas.
![[thumbnail of J012222005_tesis_12-12-2024 bab1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
J012222005_tesis_12-12-2024 bab1-2.pdf
Download (396kB)
![[thumbnail of J012222005_tesis_12-12-2024 cover1.jpg]](/42296/2.hassmallThumbnailVersion/J012222005_tesis_12-12-2024%20cover1.jpg)

J012222005_tesis_12-12-2024 cover1.jpg
Download (397kB) | Preview
![[thumbnail of J012222005_tesis_12-12-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
J012222005_tesis_12-12-2024 dp.pdf
Download (642kB)
![[thumbnail of J012222005_tesis_12-12-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
J012222005_tesis_12-12-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 October 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang: Keselamatan pasien merupakan elemen fundamental dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Namun, upaya peningkatan keselamatan pasien sering kali menekankan hanya pada perspektif tenaga kesehatan, sementara persepsi dan pengalaman pasien cenderung terabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan persepsi pengalaman keselamatan pasien yang memengaruhi kualitas layanan kesehatan dari sudut pandang pasien. Metode: Penelitian ini merupakan studi observasional analitik dengan desain cross-sectional, yang dilakukan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Regional Sulawesi Selatan. Sebanyak 226 pasien berpartisipasi dalam penelitian ini dan menyelesaikan kuesioner yang telah disesuaikan dari kuesioner PREOS-PC dan HEALTHQUAL, yang masing-masing terdiri dari lima dimensi. Data dianalisis menggunakan metode Chi-Square dan Regresi Logistik Biner. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa semua aspek pengalaman keselamatan dan kualitas pelayanan kesehatan memengaruhi persepsi pasien, dengan dimensi practice activation dan Improvement of care service menjadi yang paling signifikan. Selain itu, analisis regresi logistik biner dari dimensi pengalaman keselamatan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan mengungkapkan bahwa dua dimensi secara signifikan memberikan pengaruh: practice activation (p=0,000) dan overall rating of patient safety (p=0,010). Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi antara pasien dan penyedia layanan kesehatan, sikap proaktif tenaga kesehatan, serta responsivitas dokter gigi terhadap keluhan pasien dan penilaian keseluruhan terhadap keselamatan pasien secara signifikan memengaruhi kualitas layanan kesehatan.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > Pendidikan Dokter Gigi |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 02:11 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 02:11 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42296 |