Analisis Pencahayaan Buatan Pada Ruang Belajar Di Kelas dan Asrama Pesantren DDI Lil Banat Parepare


Natsir, Ni'mah (2021) Analisis Pencahayaan Buatan Pada Ruang Belajar Di Kelas dan Asrama Pesantren DDI Lil Banat Parepare. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D042171009_tesis COVER1.png

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1 dan 2] Text (Bab 1 dan 2)
D042171009_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D042171009_tesis DP.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D042171009_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
NI’MAH NATSIR. Analisis Sistem Pencahayaan Buatan Pada Ruang Belajar di Kelas dan Asrama Pesantren DDI Lil Banat Parepare (dibimbing oleh Dr. Ir. Nurul Jamala B, MT dan Dr. Eng. Ir. Asniawaty, ST.,MT).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas cahaya buatan pada ruang belajar di kelas dan asrama pesantren DDI Lil Banat Parepare serta pengaruhnya terhadap aktivitas belajar santri kemudian mendesain pencahayaan buatan untuk ruang belajar. Pengukuran dilakukan pada 6 asrama yaitu asrama fatimah 1, asrama aisyah 1, asrama Khadijah 2, asrama aminah 1, asrama hafsah 1, asrama maemunah 1, dan 2 kelas yaitu kelas XII IPS dan Kelas VIII B selama 3 hari dalam 4 waktu yang berbeda yaitu pagi (pukul 09.00-11.00 WITA), Siang (pukul 12.00-14.00 WITA), Sore (pukul 16.00-18.00 WITA) dan Malam (pukul 20.00-22.00 WITA). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan mendiskripsikan nilai hasil pengukuran dan melakukan simulasi sistem pencahayan ruang. Variabel terikat yaitu intensitas cahaya dan variabel bebas, yaitu penataan titik lampu dan penataan layout ruang kelas dan asrama. Pengukuran dilakukan selama tiga hari menggunakan alat digital lux meter dan simulasi dengan software Dialux 4.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas cahaya di asrama tidak memenuhi SNI baik malam maupun siang hari dan pada ruang kelas telah memenuhi standar di siang hari, namun pada malam hari belum memenuhi standar sebagai ruang belajar. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa persepsi Santri terhadap kondisi intensitas cahaya pada ruang kelas dan asrama, masih merasa nyaman dengan kondisi tersebut. Namun, beberapa santri merasakan beberapa keluhan berupa mata terasa perih, mata terasa tegang dan kesulitan fokus. Maka, dibuatlah rekomendasi desain sistem pencahayaan buatan ruang belajar di kelas dan asrama, yang dapat membuat santri merasa nyaman dalam beraktifitas. Kontribusi penelitian ini dapat menjadi panduan dalam merencanakan sistem pencahayan buatan pada ruang kelas dan asrama Pesantren DDI Lil Banat Parepare.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Desain pencahayaan buatan, ruang belajar, Intensitas cahaya
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 21 Apr 2021 06:34
Last Modified: 21 Apr 2021 06:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/4190

Actions (login required)

View Item
View Item