NILAI MORAL DALAM IKLAN "كيلوجز نودلز طعم قلب الدنيا" (ANALISIS SEMIOTIKA CS PEIRCE) = MORAL VALUES IN ADVERTISING "كيلوجز نودلز طعم قلب الدنيا" (CS PEIRCE SEMIOTIC ANALYSIS)


ASGAR, NURHIDAYAH (2024) NILAI MORAL DALAM IKLAN "كيلوجز نودلز طعم قلب الدنيا" (ANALISIS SEMIOTIKA CS PEIRCE) = MORAL VALUES IN ADVERTISING "كيلوجز نودلز طعم قلب الدنيا" (CS PEIRCE SEMIOTIC ANALYSIS). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F031201014_skripsi_14-05-2024 cover1.png

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F031201014_skripsi_14-05-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (753kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F031201014_skripsi_14-05-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (293kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F031201014_skripsi_14-05-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Nurhidayah Asgar. “Nilai Moral dalam Iklan "كيلوجز نودلز طعم قلب الدنيا" (Analisis Semiotika CS Peirce) “. Dibimbing Oleh Dr. Sitti Wahidah Masnani, M.Hum. dan Dr. Andi Agussalim, S.S., M.Hum. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya berbagai tanda verbal dan non-verbal yang ditampilkan oleh pengiklan dalam Iklan Kellogg’s Noodles namun belum diketahui maknanya serta pesan apa yang disampaikan dalam setiap scene yang ditampilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis tanda verbal dan non-verbal dalam iklan كيلوجز نودلز طعم قلب الدنيا berdasarkan Semiotika CS Peirce. (2) Menganalisis nilai moral yang terkandung dalam iklan كيلوجز نودلز طعم قلب الدنيا. Dalam penelitian terhadap “Iklan Kellogg’s Noodles”, peneliti mengumpulkan data-data untuk mendukung hasil penulisan dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan teknik Simak bebas cakap. Teknik simak merupakan salah satu jenis teknik pengumpulan data dari penggunaan bahasa, baik secara verbal maupun non-verbal. Peneliti tidak berpartisipasi dalam percakapan dengan sumber data. Peneliti hanya berperan sebagai penyimak karena data bebentuk video. Langkah selanjutnya adalah teknik catat yaitu mencatat informasi atau data yang diperoleh dari objek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Nilai-nilai Moral dalam iklan berupa (1) Sikap sikap hormat dan kelembutan dalam berkomunikasi, (2) Prioritas Utama dalam pengambilan keputusan makanan, (3) Kejujuran dan Transparansi, (4) Keharmonisan dan Kebahagiaan Keluarga, (5) Bertindak bijaksana terhadap manipulasi bahasa, (6) Pentingnya pemahaman kesehatan dalam mengonsumsi makanan, (7) Sikap terbuka dan prasangka baik, dan (8) Kepercayaan dalam Keberagaman. Nilai-nilai moral tersebut ditemukan berdasarkan penjabaran penjelasan makna tanda verbal dan non-verbal dalam Iklan Kellogg’s Noodles menggunakan pendekatan Semiotika CS Peirce.

Keyword : nilai moral, iklan Kellogg’s Noodles, Semiotika CS Peirce, tanda Verbal dan non-Verbal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Moral values, Kellogg's Noodles advertising, CS Peirce's semiotics, verbal and non-verbal signs.
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Asia Barat
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 11 Jan 2025 14:24
Last Modified: 11 Jan 2025 14:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/41759

Actions (login required)

View Item
View Item