ALI, TIARA RAMADHANI (2024) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI KOTA PAREPARE = ANALYSIS OF TOURISM DEVELOPMENT STRATEGIES IN INCREASING TOURIST VISITS IN PAREPARE CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
P022222004_tesis_23-08-2024 COVER1.jpg
Download (300kB) | Preview
P022222004_tesis_23-08-2024 BAB I-II(FILEminimizer).pdf
Download (943kB)
P022222004_tesis_23-08-2024 DP(FILEminimizer).pdf
Download (927kB)
P022222004_tesis_23-08-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
TIARA RAMADHANI ALI. Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata dalam Menngkatkan Kunjungan Wisatawan di Kota Parepare (dibimbing oleh Otto Randa Payangan dan Fathu Rahman) Sektor Pariwisata di Kota Parepare sangat potensial dikembangkan menjadi salah satu potensi wisata di Sulawesi Selatan, hal tersebut merujuk pada posisi wilayah yang strategis, sebagai destinasi wisata lintas daerah, serta memiliki potensi pada objek wisata buatan terdiri dari wisata belanja dan wisata kuliner yang dapat berpengaruh pada intensitas kunjungan wisatawan. Untuk itu, maka perlu dilakukan identifikasi strategi pengembangan pariwisata yang tepat agar dapat menarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana gambaran potensi pengembangan pariwisata di Kota Parepare dan bagaimana strategi pengembangan pariwisata yang tepat diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data bersifat eksploratif-deskriptif dengan pendekatan kualitatif-kuantitatif atau campuran (mixed methods) dengan penekanan pada metode kualitatif. Kemudian untuk mengidentifikasi potensi pengembangan pariwisata digunakan Analisis Deksriptif Kualitatif, Analisis Pembobotan (Skala Likert), dan Analisis SWOT untuk merumuskan strategi pengembangan pariwisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kota Parepare sangat potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata pariwisata karena telah memenuhi hampir seluruh unsur pengembangan pariwisata. (2) Sektor pariwisata Kota Parepare berada pada posisi kuadran 1 yakni dengan menerapkan Strategi Pertumbuhan dengan memaksimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang. (3) Perlu meningkatkan kegiatan wisata yang menarik dan meningkatkan pelaksanaan MICE atau event dan festival sehingga menahan laju wisatawan menuju daerah lain. (4) Berdasarkan karakteristik Kota Parepare, maka pengembangannya diarahkan pada model urban tourism atau Wisata Urban karena Kota Parepare memiliki potensi wisata belanja dan wisata kuliner yang mampu meningkatan pendapatan daerah.
Kata kunci: Destinasi wisata, objek wisata, pasar souvenir.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tourist destinations, tourist attractions, souvenir markets. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Program Pascasarjana > Perencanaan dan Pengembangan Wilayah |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 06:19 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 06:19 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/41555 |