Peran Moderasi Intensitas Penggunaan TikTok pada Hubungan antara Self-Esteem dengan Perilaku Konsumtif = The Role of the Intensity of TikTok Use in the Relationship between Self-Esteem and Consumptive Behavior


Mananna', Novita (2024) Peran Moderasi Intensitas Penggunaan TikTok pada Hubungan antara Self-Esteem dengan Perilaku Konsumtif = The Role of the Intensity of TikTok Use in the Relationship between Self-Esteem and Consumptive Behavior. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C021191052_skripsi_14-08-2024 cover1.jpg

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C021191052_skripsi_14-08-2024 bab I-II(FILEminimizer).pdf

Download (370kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C021191052_skripsi_14-08-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (581kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C021191052_skripsi_14-08-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 2 January 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-esteem dengan perilaku konsumtif dan peran intensitas penggunaan TikTok sebagai moderasi dalam hubungan antara self-esteem dengan perilaku konsumtif remaja akhir di Kota Makassar. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 280 orang responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengujian instrumen menggunakan metode uji Confirmatory Factor Analysis (CFA). Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan nilai R pada self-esteem dan perilaku konsumtif sebesar -0.942, R2 sebesar 0.887 dan nilai R pada intensitas penggunaan tiktok pada moderasi hubungan self-esteem dan perilaku konsumtif sebesar -0.078, R2 sebesar 0.942. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu: (1) terdapat hubungan antara self-esteem dengan perilaku konsumtif dan (2) intensitas penggunaan tiktok tidak dapat memoderasi hubungan antara self-esteem dengan perilaku konsumtif.

Keyword : Self-Esteem, Perilaku Konsumtif, Intensitas Penggunaan TikTok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self-Esteem, Consumptive Behavior, Intensity of TikTok use.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 13 Jan 2025 01:20
Last Modified: 13 Jan 2025 01:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/41444

Actions (login required)

View Item
View Item