Nur Walidah, Siti (2022) Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning, dan Promosi Pemasaran Pada Bakso Booming 88. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
I011181026_skripsi_07-11-2022 cover1.png
Download (138kB) | Preview
I011181026_skripsi_07-11-2022 1-2.pdf
Download (908kB)
I011181026_skripsi_07-11-2022 dp.pdf
Download (821kB)
I011181026_skripsi_07-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan segmentasi, targeting, positioning dan promosi pemasaran pada Bakso Booming 88. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April 2022 sampai Mei 2022. Lokasi ini dipilih secara sengaja dikarenakan lokasi sedang berkembang saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Penelitian informan didasarkan pada prinsip kesesuian (appropriateness) dan kecukupan (adequacy). Dasar prinsip informan didalam penelitian ini terdapat 12 orang. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bakso Booming 88 hadir dengan produk utama bakso, menawarkan harga standar menengah Rp 20.000, lokasi stategis kawasan padat kantor, dan dengan promosi pemasaran dengan periklanan online (endorse, giveway, diskon) serta word of mouth. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Segmentasi, Targeting dan Positioning pada Bakso Booming 88 di awal berdirinya menempatkan segmen, target dan positioning yang dapat di jangkau oleh seluruh kelompok konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Segmentasi, Targeting, dan Positioning pada Bakso Booming 88 masih belum terstruktur dengan baik atau belum terencana dengan baik sejak awal, dimana segmentasi, targeting, dan positioning yang diterapkan bakso Booming 88 terbentuk secara alamai seiring berdirinya usaha tersebut. Adapaun Segmentasi, Targeting, dan Positioning yang terbentuk pada Bakso Booming 88 yaitu terdiri dari segmentasi geografis, demografis, psikografis dan tingkah laku, pada penerapan target, target yang terbentuk pada Bakso Booming 88 terdiri dari target undifferent market, dengan
positioning produk berdasarkan positioning atribut dan positionng harga dan kualitas, dan pada penerapan promosi pemasaran, Bakso Booming 88 melakukan promosi sesuai perkembangan zaman yang sesuai. Adapun saat ini Bakso Booming menerapakn promosi periklanan online (media instagram dan endorse) dan promosi penjualan (diskon dan giveway).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > SF Animal culture |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 22:27 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 22:27 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/41269 |