Desain Safety And Fire Control Plan dan Perancangan Escape Route Pada Kapal Latih Barombong = Design of Safety and Fire Control Plan and Escape Route Planning for The Barombong Training Ship


Arsandi, Fauzan (2024) Desain Safety And Fire Control Plan dan Perancangan Escape Route Pada Kapal Latih Barombong = Design of Safety and Fire Control Plan and Escape Route Planning for The Barombong Training Ship. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D091191066_skripsi_09-09-2024 cover1.jpg

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D091191066_skripsi_09-09-2024 bab 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (645kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D091191066_skripsi_09-09-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D091191066_skripsi_09-09-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 23 December 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Berdasarkan data kecelakaan transportasi KNKT, standar keselamatan harus diprioritaskan pada pelayaran agar dapat menunjang kelancaran transportasi laut. Kapal yang berlayar di pelayaran domestik menggunakan Non Convention Vessel Standard (NCVS) sebagai standar keselamatan. Kapal Latih Barombong beralih fungsi menjadi kapal penumpang barang mengakibatkan pada tahun 2023, Kapal Latih Barombong akan diklaskan di Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Karena akan diklaskan, maka Kapal Latih Barombong harus memenuhi ketentuan-ketentuan keselamatan yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sebagai syarat berlayar. Sehingga, tujuan dari penelitian ini yaitu membuat desain safety and fire control plan dan menentukan escape route yang paling efektif untuk Kapal Latih Barombong yang mengacu pada regulasi NCVS dan IMO. Langkah-langkah yang dilakukan pada penelitian ini yaitu merancang kebutuhan LSA dan pemadam kebakaran dengan bantuan AutoCAD 2019 dan membuat desain escape route berdasarkan aturan IMO yang berlaku dengan AutoCAD 2019 sesuai dengan general arrangement Kapal Latih Barombong. Desain tersebut disimulasikan di Pathfinder 2023 dan Pyrosim 2023. Hasil penelitian ini adalah desain safety and fire control plan untuk Kapal Latih Barombong sesuai regulasi NCVS karena telah dilengkapi peralatan alat keselamatan dan alat pemadam kebakaran yang sesuai regulasi NCVS Pasal 50 dan Pasal 80 tentang perlengkapan alat keselamatan dan pemadam kebakaran kapal penumpang daerah pelayaran lokal. Sedangkan desain escape route yang dibuat efektif untuk Kapal Latih Barombong karena desain memenuhi standar regulasi waktu evakuasi yang ditentukan oleh IMO yaitu tidak melebihi dari 60 menit. Hasil waktu evakuasi penumpang skenario A membutuhkan waktu evakuasi selama 30,30 menit pada siang hari dan 36,50 menit pada malam hari. Skenario B selama 32,85 menit pada siang hari dan 39,10 pada malam hari. Skenario C selama 32,98 menit pada siang hari dan 39,24 menit pada malam hari dan skenario D selama 31,70 menit pada siang hari dan 37,95 menit pada malam hari.

Keywords : safety and fire control plan, rute evakuasi, Kapal Latih Barombong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Safety and fire control plan, evacuation route, Barombong Training Ship.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sistem Perkapalan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 09 Jan 2025 05:34
Last Modified: 09 Jan 2025 05:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/41122

Actions (login required)

View Item
View Item