Marwing, Muhammad Rizqal (2024) Tahanan Total Kapal Ferry Ro-Ro Dengan Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic = Total Resistance of Ro-Ro Ferry Ship Using Computational Fluid Dynamic Method. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/41119/1.hassmallThumbnailVersion/D091191049_skripsi_09-09-2024%20cover1.jpg)

D091191049_skripsi_09-09-2024 cover1.jpg
Download (244kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D091191049_skripsi_09-09-2024 bab 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (967kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D091191049_skripsi_09-09-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D091191049_skripsi_09-09-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 23 December 2026.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
MUHAMMAD RIZQAL MARWING. Tahanan Total Kapal Ferry Ro-Ro dengan Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (dibimbing oleh Andi Haris Muhammad dan Muh. Iqbal Nikmatullah)
Tahanan total kapal merupakan suatu gaya fluida yang bekerja pada kapal akibat interaksi antara kapal dan fluida yang sedemikian rupa yang arahnya melawan gerakan kapal. Penelitian ini menjelaskan mengenai tahanan kapal dan komponen tahanan friction dan pressure pada kapal. Komponen tahanan friction yang dimaksud adalah gaya gesek yang timbul akibat viskositas air. Sedangkan komponen tahanan pressure adalah adalah komponen gaya tekan yang bekerja sepanjang permukaan lambung kapal saat kapal bergerak. Tahanan dan komponen tahanan tersebut didapatkan dari simulasi CFD menggunakan software Ansys Fluent. Simulasi tahanan tersebut menggunakan variasi kecepatan berdasarkan nilai froude number yang berbeda yaitu dari Fn 0.188 (10 knot) sampai Fn 0.338 (18 knot). Hasil penelitian ini menunjukkan tahanan total dan komponen tahanan total kapal mengalami peningkatan seiring meningkatnya nilai Fn. Pada Fn rendah nilai komponen tahanan friction cenderung lebih besar dari komponen tahanan pressure. Sedangkan pada Fn tinggi komponen tahanan pressure lebih besar dibandingkan dengan komponen tahanan friction. Visualisasi distribusi kecepatan fluida hasil simulasi CFD menunjukkan distribusi kecepatan aliran air terendah berada pada bagian buritan kapal sedangkan distribusi kecepatan aliran air terbesar berada di sisi samping kapal. Distribusi kecepatan aliran air disisi kapal dipengaruhi oleh tekanan air atau pola gelombang yang ditimbulkan oleh kapal. Sedangkan visualisasi distribusi tekanan pada permukaan air menunjukkan distribusi tekanan air terbesar berada pada haluan kapal terutama pada permukaan air disekitar bulbousbow kapal.
Kata Kunci: Tahanan Kapal, Tahanan Friction, Tahanan Pressure, CFD.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ship Resistance, Friction Resistance, Pressure Resistance, CFD. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Sistem Perkapalan |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 05:27 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 05:27 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/41119 |