Ramadhan, Ahmad Zulfiqar (2024) Pengaruh Penggunaan Propeller Boss Cap Fins Terhadap Peningkatan Efisiensi Propulsi KMP Ferry RoRo 750 GT = The Effect of Using Propeller Boss Cap Fins on the Improvement of Propulsion Efficiency in a 750 GT RoRo Ferry. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D091181002_skripsi_10-09-2024 cover1.jpg
Download (259kB) | Preview
D091181002_skripsi_10-09-2024 bab 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
D091181002_skripsi_10-09-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (4MB)
D091181002_skripsi_10-09-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 20 December 2026.
Download (7MB)
Abstract (Abstrak)
International Maritime Organization (IMO) telah menetapkan dua standar dalam penghematan bahan bakar pada kapal, salah satunya yaitu Energy Efficiency Design Index (EEDI) yang bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya pemanasan global dan menipisnya bahan bakar. Adapun hal yang perlu diperhatikan dalam mengurangi penggunaan bahan bakar pada kapal adalah dengan memperhatikan perencanaan sistem penggeraknya. Performa penggerak pada kapal dapat ditingkatkan dengan memasang komponen bernama Energy Saving Device (ESD) yang memiliki tujuan untuk menghemat energi dengan mengurangi terjadinya kehilangan energi selama kapal beroperasi. Salah satu jenis ESD yang sudah terkenal dan banyak digunakan saat ini adalah Propeller Boss Cap Fins (PBCF). PBCF dipasang di belakang propeller atau lebih tepatnya pada boss cap dan membuat aliran yang ditimbulkan pada hub propeller menjadi selaras dengan aliran pada daun propeller. Hal ini dapat mengembalikan rotational energy yang hilang dan mengurangi terjadinya kavitasi. Selain itu, PBCF juga mempunyai beberapa kelebihan, misalnya desain yang relatif sederhana dan mudah dalam pemasangan maupun perawatannya, investasinya cukup rendah, tidak perlu persetujuan klasifikasi, serta mampu meningkatkan gaya dorong dan efisiensi dari propeller. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penambahan PBCF terhadap karakteristik propeller yang meliputi thrust, torque, peningkatan efisiensi propulsi dan pengaruh variasi diameter dari PBCF pada kecepatan konstan 6.618 m/s. Pada penelitian ini dilakukan variasi diameter fins yaitu D 0.25, D 0.30, D 0.35, D 0.40 dan D 0.45. Jumlah fins sebanyak 4 buah pada masing-masing propeller dengan sudut kemiringan sebesar 60o. Metode pendekatan yang digunakan yaitu metode Computational Fluid Dynamics (CFD) Ansys CFX 18.1. Hasil penelitian menunjukkan penambahan cap fins pada propeller kapal memiliki pengaruh dalam meningkatkan thrust dan menurunkan torque. Sedangkan untuk efisiensi propulsi optimum dicapai saat penggunaan PBCF D 0,40 yakni 19.409%.
Keywords : Propeller Boss Cap Fins, Computational Fluid Dynamics, Efisiensi Propulsi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Propeller Boss Cap Fins, Computational Fluid Dynamics, Propulsion Efficiency. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Sistem Perkapalan |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 02:00 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 02:00 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/41073 |