Studi Tahanan Kapal Katamaran Dengan Variasi Jarak Lambung Straight Bow Menggunakan Ansys = Study of Catamaran Ship Resistance with Variations in Hull Distance Straight Bow Using Ansys


Julianto, Yitro (2024) Studi Tahanan Kapal Katamaran Dengan Variasi Jarak Lambung Straight Bow Menggunakan Ansys = Study of Catamaran Ship Resistance with Variations in Hull Distance Straight Bow Using Ansys. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031201040_skripsi_09-09-2024 cover1.jpg

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031201040_skripsi_09-09-2024 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031201040_skripsi_09-09-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031201040_skripsi_09-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 December 2026.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Kapal merupakan suatu bangunan sistemik yang digunakan manusia sebagai sarana melakukan segala aktifitas di perairan. Kecepatan kapal juga menjadi faktor penting dalam mendesain kapal, mengurangi besarnya tahanan kapal merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kecepatan kapal yang diinginkan. Desain Haluan Straight Bow adalah jenis haluan kapal yang tegak lurus dengan lunas dan umum digunakan untuk kapal yang berlayar di laut. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan besar perubahan tahanan kapal katamaran terhadap variasi jarak lambung dengan bentuk haluan straight bow. Penelitian ini terdapat 3 variasi jarak lambung yang divariasikan dengan jarak 3,1 m; 3,6 m; dan 4,1 m, kemudian digunakan 4 Froude number yaitu 0,359 ; 0,392; 0,424; dan 0,457. Perhitungan tahanan dari setiap jarak lambung tersebut dilakukan dengan menggunakan software Ansys Fluent. Hasil penelitian ini, Besar perubahan kenaikan nilai tahanan kapal katamaran terhadap kenaikan Froude number (Fn) pada setiap variasi jarak lambung cenderung meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya nilai persentase perubahan kenaikan nilai tahanan yang didapatkan dari setiap variasi jarak lambung. Variasi jarak lambung 1 dengan jarak 3,1 m memiliki rata-rata persentase perubahan kenaikan nilai tahanan terhadap kenaikan nilai Froude number (Fn) sebesar 10,93%. Variasi jarak lambung 2 dengan jarak 3,6 m memiliki rata-rata persentase perubahan kenaikan nilai tahanan terhadap kenaikan nilai Froude number (Fn) sebesar 25,03%. Variasi jarak lambung 3 dengan jarak 4,1 m memiliki rata-rata persentase perubahan kenaikan nilai tahanan terhadap kenaikan nilai Froude number (Fn) sebesar 36,30%. Dengan demikian, jarak antar lambung yang diperbesar akan menghasilkan tahanan yang lebih rendah daripada tahanan awal model kapal.

Kata Kunci : Katamaran; Straight Bow; Tahanan; Ansys

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Catamaran; Straight Bow; Resistance; Ansys.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 07 Jan 2025 06:28
Last Modified: 07 Jan 2025 06:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40954

Actions (login required)

View Item
View Item