STUDI TAHANAN KAPAL KATAMARAN DENGAN VARIASI JARAK LAMBUNG INVERTED BOW MENGGUNAKAN ANSYS = STUDY OF CATAMARAN SHIP RESISTANCE WITH VARIATION IN HULL DISTANCE INVERTED BOW USING ANSYS


Putra, A. Alfandy Permana (2024) STUDI TAHANAN KAPAL KATAMARAN DENGAN VARIASI JARAK LAMBUNG INVERTED BOW MENGGUNAKAN ANSYS = STUDY OF CATAMARAN SHIP RESISTANCE WITH VARIATION IN HULL DISTANCE INVERTED BOW USING ANSYS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031201030_skripsi_09-09-2024 cover1.jpg

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031201030_skripsi_09-09-2024 bab 1-2.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031201030_skripsi_09-09-2024 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031201030_skripsi_09-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 December 2026.

Download (11MB)

Abstract (Abstrak)

A. ALFANDY PERMANA PUTRA. Studi Tahanan Kapal Katamaran Dengan Variasi Jarak Lambung Inverted Bow Menggunakan Ansys (dibimbing oleh Prof. Dr. Eng. Suandar Baso, ST. MT).
Kapal katamaran merupakan jenis kapal yang sudah banyak digunakan di Indonesia. Dalam merancang kapal katamaran, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah tahanan kapal. Mengurangi besarnya tahanan kapal merupakan cara untuk mendapatkan kecepatan kapal yang diinginkan. Berbagai bentuk desain kapal yang dikembangkan untuk memenuhi kriteria desain kapal katamaran yang optimum salah satunya adalah bentuk haluan inverted bow. Selain itu, jarak antar lambung dapat mempengaruhi pola aliran air di sekitar kapal dan tahanan kapal secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan besar perubahan tahanan kapal katamaran terhadap variasi jarak lambung dengan bentuk haluan inverted bow. Penelitian ini terdapat 3 variasi jarak lambung yang divariasikan dengan jarak 3,4 m, 3,9 m dan 4,4 m, kemudian digunakan 5 Froude number (Fn) yaitu 0,334, 0,367, 0,400, 0,434 dan 0,467. Perhitungan tahanan dari setiap jarak lambung tersebut dilakukan menggunakan aplikasi Ansys Fluent. Hasil dari penelitian ini, besar perubahan kenaikan nilai tahanan kapal katamaran terhadap kenaikan Froude number (Fn) pada setiap variasi jarak lambung cenderung meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya nilai rata-rata persentase perubahan kenaikan nilai tahanan yang didapatkan dari setiap variasi jarak lambung. Variasi jarak lambung 1 dengan jarak 3,4 m memiliki rata-rata persentase perubahan kenaikan nilai tahanan terhadap kenaikan nilai Froude number (Fn) sebesar 6,79%. Variasi jarak lambung 2 dengan jarak 3,9 m memiliki rata-rata persentase perubahan kenaikan nilai tahanan terhadap kenaikan nilai Froude number (Fn) sebesar 10,03%. Variasi jarak lambung 3 dengan jarak 4,4 m memiliki rata-rata persentase perubahan kenaikan nilai tahanan terhadap kenaikan nilai Froude number (Fn) sebesar 12,80 %.

Kata Kunci : Katamaran; Variasi; Inverted; Tahanan; Ansys

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Catamaran; Variation; Inverted; Resistance; Ansys.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 07 Jan 2025 06:17
Last Modified: 07 Jan 2025 06:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40949

Actions (login required)

View Item
View Item