Bustan, Alfryan Wira Wicaksana (2024) ANALISIS PENGARUH KARBURISASI CAIR TERHADAP LAJU KOROSI BAJA AISI 1045 = ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF LIQUID CARBURIZATION ON THE CORROSION RATE OF AISI 1045 STEEL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D021171522_skripsi_09-09-2024 cover1.jpg
Download (208kB) | Preview
D021171522_skripsi_09-09-2024 bab 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (644kB)
D021171522_skripsi_09-09-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (212kB)
D021171522_skripsi_09-09-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 18 December 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Salah satu proses perlakuan panas yang dapat mengeraskan permukaan baja adalah dengan cara karburisasi. Karburisasi cair adalah proses pengerasan permukaan baja dengan cara mencelupkan baja yang telah ditempatkan ke dalam larutan garam cair untuk memperkaya unsur karbon pada permukaan baja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karburisasi cair terhadap peningkatan nilai kekerasan, laju korosi, dan struktur mikro pada Baja AISI 1045. Proses karburisasi cair ini menggunakan variasi media pendingin air, oli, dan udara dengan temperatur 900°C selama 3 jam. Media karburisasi menggunakan 45% natrium klorida NaCl (225 gram), 45% Na2CO3 (225 gram) dan 10% SiC (50 gram). Dan temper pada suhu 900°C selama 3 jam, kemudian didinginkan dengan media air, lalu dimasukkan
kembali pada suhuh 450°C selama 2 jam. Pengujian yang dilakukan adalah uji kekerasan Vickers, laju korosi, dan pengamatan struktur mikro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses karburisasi cair dapat meningkatkan nilai kekerasan dan dapat mengurangi laju korosi Baja AISI 1045. Nilai kekerasan material sebelum dikarburisasi cair adalah 242,9 HV. Penginkatan nilai kekerasan tertinggi terdapat pada karburisasi cair menggunakan media pendingin air dengan nilai kekerasan adalah 846,3 HV. Nilai laju korosi material sebelum proses karburisasi cair dan temper adalah 6,478 mmpy. Nilai laju korosi terendah yang didapatkan dari hasil pengujian laju korosi menggunakan media pendingin air adalah 0,349 mmpy. Hasil yang didapatkan dapat diketahui bahwa semakin cepat pendinginan menyebabkan peningkatan nilai kekerasan dan menurungkan nilai laju korosi. Hasil pengamatan struktur mikro sebelum dikarburisasi menunjukkan fasa ferit dan perlit sedangkan setelah dikarburisasi menunjukkan fasa ferit, perlit, dan martensit, dimana jumlah perlit dan martensit terlihat lebih banyak dibandingkan ferit yang menyebabkan tingkat kekerasan semakin tinggi.
Kata Kunci: Baja AISI 1045, Karburisasi Cair, Kekerasan, Laju Korosi , Struktur Mikro
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | AISI 1045 Steel, Liquid Carburization, Hardness, Corrosion Rate, Structure. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 06:51 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 06:51 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40892 |