Trismayani, Trismayani (2024) GAMBARAN KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LABUANG BAJI KOTA MAKASSAR TAHUN 2024 = Overview of Knowledge Management at Labuang Baji Regional General Hospital, Makassar City in 2024. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
K011201074_skripsi_04-09-2024 cover1.jpg
Download (294kB) | Preview
K011201074_skripsi_04-09-2024 bab 1-2.pdf
Download (782kB)
K011201074_skripsi_04-09-2024 dp.pdf
Download (1MB)
K011201074_skripsi_04-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
TRISMAYANI. Gambaran Knowledge Management Pada RSUD Labuang Baji Kota Makassar Tahun 2024 (dibimbing oleh Prof. Dr. dr. A. Indahwaty Sidin, MHSM dan Dr. Nur Arifah, SKM.,MA) Latar Belakang: Pegawai rumah sakit sangat berperan penting dalam kinerja rumah sakit. Pegawai rumah sakit memerlukan knowledge management untuk dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas operasionalnya, dan juga pegawai rumah sakit dapat saling berbagi pengetahuan dengan aman, dan memastikan pemberian pelayanan kesehatan yang optimal. Knowledge management dapat membantu pegawai dalam mengakses dan juga membagikan pengetahuan secara efektif sehingga meningkatkan kualitas perawatan pasien dan pengambilan keputusan. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa gambaran Knowledge Management di RSUD Labuang Baji Tahun 2024. Metode: penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif dengan metode deskriptif anallitik. Populasi sebanyak 795 orang dan sampel diambil secara proporsional sampling dengan jumlah sampel sebanyak 260 orang. Instrumen penelitian yakni menggunakan kuesionar yang menjelasakan terkait knowledge discovery, knowledge capture, knowledge sharing, dan knowledge application. Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS, dengan hasil analisis disajikan dalam bentuk tabel dan narasi untuk membahas hasil penelitian. Hasil Penelitian: hasil yang diperoleh terkait pengelolaan pengetahuan atau knowledge management pada RSUD Labuang Baji Tahun 2024 dikategorikan “sangat baik”. Dimensi yang memiliki persentase tertinggi yakni knowledge applicatin (86.5%) sementara persentase terendah yakni knowledge capture (75%). Kesimpulan: dengan melihat hasil yang telah diperoleh maka pengelolaan pengetahuan atau knowledge management pada RSUD Labuang Baji Tahun 2024 dikategorikan “sangat baik”.
Kata Kunci : Knowledge management, Rumah Sakit
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Knowledge management, Hospital |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | stfathirah s |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 07:15 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 07:15 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40670 |