"Analisis Pemasaran Ikan Cakalang (K. pelamis) di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Paotere, Kota Makassar”


Tandibura, Stefani (2024) "Analisis Pemasaran Ikan Cakalang (K. pelamis) di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Paotere, Kota Makassar”. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L041201008_skripsi_30-07-2024 cover1.jpg

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L041201008_skripsi_30-07-2024 bab I-II.pdf

Download (760kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L041201008_skripsi_30-07-2024 dapus.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L041201008_skripsi_30-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Ikan cakalang (K. pelamis) merupakan ikan yang memiliki nilai ekonomis dan salah satu jenis sumber daya perikanan yang penting, baik sebagai komoditi ekspor maupun sebagai bahan konsumsi dalam negeri. Ikan cakalang adalah jenis ikan dengan kandungan protein tinggi dan lemak yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk saluran, besar biaya, margin, keuntungan, dan efisiensi pemasaran ikan cakalang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling (berkelompok) yang dibedalan berdasarkan jenis pekerjaan. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder yang dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari Hasil penelitian diketahui bahwa semakin panjang saluran pemasaran maka semakintidak efisien. Didapatkan hasil bahwa lembaga pemasaran yang mengeluarkan biaya paling banyak yaitu pengecer II Rp7.648 sedangkan biaya pemasaran paling sedikit dikeluarkan oleh pengumpul darat sebesar Rp1.143. Margin pemasaran tertinggi pada saluran pemasaran pertama dengan total margin sebesar Rp70.000,- sedangkan margin terkecil pada saluran pemasaran kedua yaitu Rp20.000,-. Keuntungan pemasaran terbesar pada saluran pemasaran pertama yaitu Rp65.783,-. Sedangkan keuntungan paling sedikit yaitu saluran pemasaran kedua Rp15.355,-. Saluran pemasaran ikan cakalang yang ada di PPI Paotere dapat dikatakan efisien karena memenuhi kriteria yaitu <1%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Ikan Cakalang, Keuntungan, Efisiensi, PPI Paotere
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 20 Dec 2024 07:44
Last Modified: 20 Dec 2024 07:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40524

Actions (login required)

View Item
View Item