HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI PUSKESMAS SEWO KABUPATEN SOPPENG


Taslim, Muhammad (2024) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI PUSKESMAS SEWO KABUPATEN SOPPENG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011181327_skripsi_11-09-2024 1-2.pdf

Download (991kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011181327_skripsi_11-09-2024 cover1.png

Download (399kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011181327_skripsi_11-09-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
K011181327_skripsi_11-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Mutu pelayanan pada Puskesmas menjadi salah satu faktor penting untuk menciptakan minat kunjungan ulang pasien. Pelayanan yang berkualitas dalam konteks pelayanan di puskesmas adalah memberikan pelayanan kepada pasien dan keluarganya sesuai standar kualitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya, sehingga dapat memperoleh kepuasan yang dapat meningkatkan kepercayaan pasien dan keluarganya terhadap Puskesmas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan minat kunjungan ulang pasien umum rawat jalan di Puskesmas Sewo Kab. Soppeng ini. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang responden yang diambil dari jumlah kunjungan pasien yang datang mulai Februari 2024 di Puskesmas Sewo. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling.
Berdasarkan umur, sebagian besar responden berada pada umur 31-40 yaitu 41 responden (41%). Berdasarkan jenis kelamin sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan yaitu 67 responden (67%) Dilihat dari tingkat pendidikan, responden terbanyak berada pada tingkat pendidikan SMA dan Perguruan Tinggi yaitu sebesar 66 responden (66%). Berdasarkan pekerjaan, sebagian besar responden bekerja sebagai WIRASWASTA yaitu sebanyak 45 responden (45%). Hasil Analisis Bivariat menunjukkan bahwa variabel akses terhadap pelayanan p= 0,000 (p<0,05), kenyamanan p= 0,002 (p<0,05) dan informasi p= 0,003 (p<0,005) memiliki hubungan dengan minat kunjungan ulang pasien umum rawat jalan di Puskesmas Sewo. Sedangkan variabel yang tidak berhubungan dengan minat kunjungan ulang pasien umum rawat jalan di Puskesmas Sewo yaitu variabel hubungan antar manusia p= 0,132 (p>0,05) dan ketepatan waktu p= 0,238 (p>0,05).
Saran yang diberikan adalah hendaknya pihak Puskesmas lebih memperhatikan keluhan yang disampaikan oleh pasien seperti ke tidak nyamanan yang terjadi akibat kurangnya toilet atau kamar mandi serta kurangnya persediaan tempat sampah, karena semua ini sangat berdampak terhadap kepuasan pasien.

Kata Kunci : Akses Terhadap Pelayanan, Kenyamanan, Hubungan Antar Manusia, Ketepatan Waktu,
Informasi

The quality of service at the Community Health Center is an important factor in creating interest in repeat patient visits. Quality service in the context of services at the health center is providing services to patients and their families according to quality standards to meet their needs and desires, so that they can obtain satisfaction that can increase the trust of patients and their families in the health center.
This study aims to determine the relationship between the quality of health services and the interest in repeat visits of general outpatients at the Sewo District Health Center. This soup. This type of research is an analytical survey using a cross sectional study approach. The number of samples in this study was 100 respondents taken from the number of patient visits who came starting February 2024 at the Sewo Community Health Center. Sampling used the accidental sampling method.
Based on age, most of the respondents were aged 31-40, namely 41 respondents (41%). Based on gender, the majority of respondents were female, namely 67 respondents (67%). Judging from the level of education, the majority of respondents were at the high school and tertiary education levels, namely 66 respondents (66%). Based on work, the majority of respondents work as self-employed, namely 45 respondents (45%). The results of Bivariate Analysis show that the variables access to services p= 0.000 (p<0.05) and comfort p= 0.002 (p<0.05) and information p= 0.003 (p<0.005) have a relationship with interest in revisiting general outpatients at the Sewo Community Health Center. Meanwhile, variables that were not related to the interest in revisiting general outpatients at the Sewo Community Health Center were human relations variables p= 0.132 (p>0.05) and punctuality p= 0.238 (p>0.05).
The advice given is that the Community Health Center should pay more attention to complaints submitted by patients, such as discomfort that occurs due to the lack of toilets or bathrooms and the lack of supplies of rubbish bins, because all of this has a big impact on patient satisfaction.

Keywords : Access to Services, Comfort, Human Relations, Timeliness, Information

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Akses Terhadap Pelayanan, Kenyamanan, Hubungan Antar Manusia, Ketepatan Waktu, Informasi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 19 Dec 2024 02:04
Last Modified: 19 Dec 2024 02:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40414

Actions (login required)

View Item
View Item