Khaerul, A. Rifqa Zhafira (2023) Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di RSKDIA Pertiwi Kota Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of K011191157_skripsi_06-07-2023 cover1.png]](/40123/1.hassmallThumbnailVersion/K011191157_skripsi_06-07-2023%20cover1.png)

K011191157_skripsi_06-07-2023 cover1.png
Download (131kB) | Preview
![[thumbnail of K011191157_skripsi_06-07-2023 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
K011191157_skripsi_06-07-2023 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of K011191157_skripsi_06-07-2023 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
K011191157_skripsi_06-07-2023 dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of K011191157_skripsi_06-07-2023.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
K011191157_skripsi_06-07-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Seiring berkembangnya zaman, maka semakin meningkat pula tuntutan masyarakat terhadap kesehatan, sehingga penyedia pelayanan dituntut tidak hanya untuk kesembuhan penyakit, tetapi juga dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. Pelayanan kesehatan disebut berkualitas jika pemberi pelayanan mampu menimbulkan kepuasan pasien. Kepuasan pasien terjadi jika kebutuhan ataupun harapan pasien sesuai dengan pelayanan kesehatan yang diterimanya. Sebagai salah satu penyedia pelayanan kesehatan, rumah sakit sudah seharusnya memberikan kepuasan kepada pasien yang sekaligus dapat memberikan penilaian tambahan bagi pasien untuk tetap menggunakan layanan ketika pasien membutuhkan. Penilaian terhadap kualitas pelayanan di rumah sakit tidak hanya dilihat dari kemewahan fasilitas dan teknologi, tetapi juga dilihat dari sikap dan perilaku petugas kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSKDIA Pertiwi Kota Makassar. Populasi pada penelitian ini sebanyak 4.834 pasien. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan sampel sebanyak 95 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Pengolahan data menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan dimensi kompetensi teknis (p = 0,000), informasi (p = 0,034), efisiensi (p = 0,000), kenyamanan (p = 0,000), hubungan antar manusia (p = 0,013), dan ketepatan waktu (p = 0,000) dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSKDIA Pertiwi Kota Makassar. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan agar RSKDIA Pertiwi Kota Makassar melaksanakan pelatihan pelayanan prima demi meningkatkan kompetensi petugas kesehatan, memperhatikan lawan bicara saat berkomunikasi dengan pasien, memperhatikan ketersediaan obat yang banyak dibutuhkan, menerapkan sistem online, meningkatkan sarana dan prasarana di ruang pemeriksaan serta kebersihan toilet. Selain itu, diharapkan petugas kesehatan untuk lebih ramah dan disiplin waktu agar pasien tidak lama menunggu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 01:07 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 01:07 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40123 |