Irmawati, Irmawati (2024) Analisis Kekuatan Pin Engsel Pintu Palka Ferry Ro-Ro = Analysis of the Strength of Door Hinge Pins on Ferry Ro-Ro Ramp. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D031191069_skripsi_04-04-2024 cover1.png
Download (153kB) | Preview
D031191069_skripsi_04-04-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (651kB)
D031191069_skripsi_04-04-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (714kB)
D031191069_skripsi_04-04-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 26 November 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
IRMAWATI. Analisis Kekuatan Pin Engsel Pintu Palka Kendaraan Ferry Ro-Ro (dibimbing oleh Hamzah dan Ganding Sitepu).
Kapal Ferry Ro-Ro adalah kapal yang digunakan untuk mengangkut penumpang ataupun kendaraan yang berjalan masuk ke dalam kapal atau keluar dengan penggeraknya sendiri. Kapal Ro-Ro yang geladaknya lebih dari satu harus dilengkapi dengan ramp door internal antar deck dan ada penutup palka agar semua palka efektif digunakan sebagai tempat kendaraan. penutup palka ini dirancang menggunakan pin engsel sehingga pin engsel tersebut harus kuat menahan beban kendaraan dan juga berat strukturnya. Pintu palka Ro- Ro ini menggunkan lima pin engsel. pada pin engsel ini terjadi konsentrasi tegangan karena pintu palka kendaraan ini membawa beban yang berat pada saat kapal berlayar dikarenakan ada kendaraan di atas pintu palka Ro-Ro. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan Software ANSYS Workbench. Karena menggunakan baja biasa maka nilai excentricitas tidak boleh melebihi 14 mm karena melewati tegangan yang di izinkan oleh BKI. presentasi tegangan mengalami kenaikan secara proporsional. letak tagangan maksimum akibat beban truk terjadi pada pin engsel. dan jika kapal mengalami kemiringan akibat trim maka tegangan maksimum pada pintu palka yaitu pada sudut 0°. pada posisi pembebanan satu kendaraan sepenuhnya berada diatas pintu palka kemudian diikuti satu kendaraan yang hanya ban depan masih dibawah tegangan yang diizinkan oleh BKI akan tetapi jika posisi pembebanan satu kendaraan sepenuhnya berada diatas pintu palka kemudian diikuti satu kendaraan yang hanya ban belakang maka tegangannya melampaui tegangan yang diizin. sehingga di upayakan tidak melakukan posisi ban belakang kemudian ban depan.
Kata Kunci: Pin Engsel, Tegangan, Metode Elemen Hingga, Ansys Workbench.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hinge Pin, Stress, Finite Element Method, ANSYS Workbench. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 02:00 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 02:00 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39966 |