Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Untuk Menggunakan Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Di RSUD Haji Kota Makassar


Chairunnisa, Siti Fadia (2023) Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Untuk Menggunakan Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Di RSUD Haji Kota Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of K011181346_skripsi_30-11-2022 cover1.png]
Preview
Image
K011181346_skripsi_30-11-2022 cover1.png

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of K011181346_skripsi_30-11-2022 1-2.pdf] Text
K011181346_skripsi_30-11-2022 1-2.pdf

Download (861kB)
[thumbnail of K011181346_skripsi_30-11-2022 dp.pdf] Text
K011181346_skripsi_30-11-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of K011181346_skripsi_30-11-2022.pdf] Text
K011181346_skripsi_30-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Brand image sangat diperlukan dalam mengevaluasi pelayanan karena dapat mempengaruhi persepsi dan keputusan pasien. Menurunnya angka kunjungan pasien adalah salah satu tanda bahwa pelayanan yang diterima tidak sesuai dengan harapan dan keinginannya oleh karena itu di era globalisasi khususnya pada pelayanan kesehatan yang semakin ketat pengaruh brand image terhadap keputusan pasien terhadap rumah sakit menjadi pokok permasalahan yang penting.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan pasien untuk menggunakan pelayanan kesehatan pada instalasi rawat jalan di RSUD Haji Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 95 responden yang diambil dari jumlah kunjungan pasien 3 tahun terakhir di RSUD Haji Kota Makassar. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara brand image yang terdiri dari variabel lingkungan fisik (p= 0,000), karyawan (p= 0,000), dan pelayanan yang diberikan (p= 0,000) terhadap keputusan pasien dengan uji Chi-square di temukan bahwa p value < 0,05. Variabel yang tidak berpengaruh adalah variabel identitas instansi dengan nilai p= 0,131 (p value >0,05). Hasil uji regresi linear berganda mengatakan bahwa dimensi yang paling berpengaruh adalah variabel pelayanan yang diberikan dengan nilai signifikan 0,002 < 0,005.
Saran untuk pihak rumah sakit agar memperbaiki pelayanan yang ada di rumah sakit dengan memperhatikan dan memberikan pelayanan yang sesuai dengan yang diharapkan pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 21 Nov 2024 02:41
Last Modified: 21 Nov 2024 02:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39602

Actions (login required)

View Item
View Item