Amalia, Reza (2024) STRATEGI PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN UMKM BATIK DENGAN METODE QSPM (STUDI KASUS AGIFA BATIK) = BATIK MSME PLANNING AND DEVELOPMENT STRATEGY BY USING QSPM METHOD (AGIFA BATIK CASE STUDY). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
A012222054_tesis_04-09-2024 cover1.jpg
Download (313kB) | Preview
A012222054_tesis_04-09-2024 bab 1-2.pdf
Download (452kB)
A012222054_tesis_04-09-2024 dp.pdf
Download (564kB)
A012222054_tesis_04-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 August 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Perkembangan dan pertumbuhan dunia bisnis saat ini semakin pesat termasuk industri batik yang menyebabkan setiap perusahaan harus melakukan perbaikan di segala bidang. Keunggulan kompetitif dapat diraih dengan cara mempertahankan kekuatan kompetitif. Ketatnya persaingan indusri batik di Kota Pekalongan dapat mempengaruhi penjualan dan terjadi pada UMKM Agifa Batik di Pekalongan. Perencanaan strategis dibutuhkan untuk memandu organisasi dalam meemntukan tujuan dan membuat peta jalan untuk mencapainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal serta merumuskan strategi alternatif terbaik yang dapat diterapkan UMKM Agifa Batik untuk pengembangan usaha batiknya. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yakni tahap identifikasi menggunakan analisis SWOT, analisis IFAS-EFAS, analisis matriks internal dan eksternal, tahap perumusan strategi menggunakan alat analisis matriks SWOT dan tahap penentuan strategi menggunakan analisis QSPM. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan 38 responden dari seluruh karyawan UMKM Agifa Batik. Hasil penelitian menunjukkan skor Matriks IFAS sebesar 3,159 dan skor Matriks EFAS sebesar 3,080, sehingga posisi UMKM Agifa Batik dalam Matriks IE berada pada kuadran I, yaitu tumbuh dan berkembang. Hasil Metode QSPM strategi pengembangan pasar memiliki skor TAS tertinggi yaitu 6,18. Strategi pengembangan pasar menjadi alternatif terbaik untuk diimplementasikan yaitu dengan memanfaatkan teknologi media sosial untuk meningkatkan pemasaran, membangun branding yang dapat melekat pada konsumen dan merekrut tenaga ahli serta tenaga operasional untuk pengembangan bisnis UMKM Agifa Batik.
Kata kunci : UMKM Batik, IFAS-EFAS, Matriks IE, Matriks SWOT, QSPM
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MSMEs Batik, IFAS-EFAS, Matrix IE, Matrix SWOT, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | stfathirah s |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 07:41 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 07:41 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39310 |