PENGARUH PROMOSI DAN RELIGIUITAS TERHADAP INTENSI KEPERCAYAAN PADA WAKAF PRODUKTIF DI KOTA MAKASSAR = PENGARUH PROMOSI DAN RELIGIUITAS TERHADAP INTENSI KEPERCAYAAN PADA WAKAF PRODUKTIF DI KOTA MAKASSAR


Satyawicaksana, Muhammad Resha (2024) PENGARUH PROMOSI DAN RELIGIUITAS TERHADAP INTENSI KEPERCAYAAN PADA WAKAF PRODUKTIF DI KOTA MAKASSAR = PENGARUH PROMOSI DAN RELIGIUITAS TERHADAP INTENSI KEPERCAYAAN PADA WAKAF PRODUKTIF DI KOTA MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012221115_tesis_04-09-2024 cover1.jpg

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012221115_tesis_04-09-2024 bab 1-2.pdf

Download (911kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012221115_tesis_04-09-2024 dp.pdf

Download (760kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012221115_tesis_04-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Menurut data dari Badan Wakaf Indonesia (BWI), nilai total wakaf produktif di Indonesia saat ini mencapai sekitar IDR 180 triliun per tahun, dengan potensi keseluruhan dari penilaian tanah wakaf mencapai sekitar IDR 2.000 triliun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi dan religiuitas terhadap intensi waqaf produktif di Kota Makassar baik secara langsung dan tidak langsung jika dimediasi oleh kepercayaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tujuan untuk menghasilkan, membuktikan, dan mengembangkan pengetahuan yang nantinya bermanfaat dalam memahami, menyelesaikan, dan mencegah permasalahan yang ada. Berdasarkan masalah dan tujuan yang ingin dicapai, penelitian ini mengadopsi metode kuantitatif, spesifiknya menggunakan survei dengan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan Software IBM SPSS untuk menganalisis pengaruh antara variabel independen dan dependen di kalangan pengguna wakaf produktif di Kota Makassar dengan responden sebanyak 272. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi yang efektif dan berkelanjutan berperan penting dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan wakaf di Kota Makassar, meskipun promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap intensi berwakaf. Tingkat religiusitas juga berpengaruh positif terhadap kepercayaan, tetapi tidak terhadap intensi berwakaf. Kepercayaan masyarakat terhadap lembaga wakaf tidak memediasi hubungan antara promosi dan religiusitas dengan intensi berwakaf. Faktor-faktor lain seperti transparansi, reputasi lembaga, dan pengalaman pribadi lebih dominan dalam membentuk niat berwakaf.

Kata Kunci : Promosi, Religiuitas, Kepercayaan, Intensi Waqaf

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Promotion, Religiosity, Trust, Endowment Intentions
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: stfathirah s
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:12
Last Modified: 11 Nov 2024 07:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39307

Actions (login required)

View Item
View Item