STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PARFUM LOKAL (STUDI KASUS PADA MARVEST FRAGRANCE)


Ramadhani, Bustamil (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PARFUM LOKAL (STUDI KASUS PADA MARVEST FRAGRANCE). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of A012231075_tesis_07-11-2024 COVER1.jpg]
Preview
Image
A012231075_tesis_07-11-2024 COVER1.jpg

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of A012231075_tesis_07-11-2024 bab 1-2.pdf] Text
A012231075_tesis_07-11-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of A012231075_tesis_07-11-2024 DP.pdf] Text
A012231075_tesis_07-11-2024 DP.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of A012231075_tesis_07-11-2024.pdf] Text
A012231075_tesis_07-11-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi internal dan eksternal serta merumuskan strategi bisnis yang sesuai bagi Marvest Fragrance dalam menghadapi tantangan pasar parfum lokal di Kota Makassar. Analisis dilakukan melalui kajian faktor internal menggunakan marketing mix dan STP (Segmenting, Targeting, Positioning), serta faktor eksternal melalui analisis PEST (Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi) dan model Porter’s Five Forces. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan internal Marvest Fragrance meliputi produk berkualitas, harga kompetitif, tim profesional, pengelolaan keuangan yang baik, efisiensi produksi dan distribusi, serta pemasaran melalui media sosial. Di sisi lain, kelemahannya mencakup keterbatasan sumber daya manusia, modal, varian produk, proses pengiriman, dan segmen pasar yang terbatas. Peluang eksternal mencakup pertumbuhan ekonomi dan populasi di Makassar, tren parfum di kalangan anak muda, serta dukungan pemerintah untuk UMKM. Ancaman eksternal yang dihadapi adalah inflasi, ancaman kompetitor baru, biaya dan lama pengiriman, serta tingginya daya tawar pembeli dan produk substitusi. Strategi yang disarankan adalah memanfaatkan kekuatan dan peluang (SO) dengan mengoptimalkan media sosial, ekspansi pasar melalui pengelolaan keuangan yang efisien, serta peningkatan distribusi didukung oleh sumber daya manusia dan teknologi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:08
Last Modified: 11 Nov 2024 02:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39232

Actions (login required)

View Item
View Item