STRATEGI ADAPTASI IBU RUMAH TANGGA DALAM PENDAMPINGAN PROSES BELAJAR ANAK PADA MASA PANDEMI DI SD INPRES KERA-KERA KOTA MAKASSAR


Ali, Dhestiani Aisyah Putri (2023) STRATEGI ADAPTASI IBU RUMAH TANGGA DALAM PENDAMPINGAN PROSES BELAJAR ANAK PADA MASA PANDEMI DI SD INPRES KERA-KERA KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of E031181505_skripsi_13-11-2023 cover1.png]
Preview
Image
E031181505_skripsi_13-11-2023 cover1.png

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of E031181505_skripsi_13-11-2023 1-2.pdf] Text
E031181505_skripsi_13-11-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of E031181505_skripsi_13-11-2023 dp.pdf] Text
E031181505_skripsi_13-11-2023 dp.pdf

Download (729kB)
[thumbnail of E031181505_skripsi_13-11-2023.pdf] Text
E031181505_skripsi_13-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Dhestiani Aisyah Putri, E031181505 “Strategi Ibu Rumah Tangga dalam Pendampingan Proses Belajar Anak Pada Masa Pandemi di SD Inpres Kera-kera Kota Makassar”. Dibimbing oleh Suparman Abdullah dan Nuvida Raf Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi adaptasi dan fakto pendukung dan penghambat ibu rumah tangga dalam mendampingi proses belajar anak pada masa pandemi di SD Inpres Kera-kera Kota Makassar. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Januari - Maret 2023 dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik penarikan sampel menggunakan sensus dengan 68 sampel penelitian yang merupakan orang tua siswa SD.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi adaptasi keluarga dalam pendampingan proses pembelajaran online dilihat dari pemahaman metode dan materi pembelajaran, manajemen waktu, penyediaan sarana dan prasarana, ekonomi, faktor pendukung dan hambatan yang ada selama pembelajaran online terhadapat orang tua siswa. Strategi Adaptasi Ibu Rumah Tangga Dalam Pendampingan Proses Pembelajaran Anak Pada Masa Pandemik Covid-19 Di SD Inpres Kera-kera hambatan yang paling banyak di alami oleh responden adalah hambatan pengetahuan dimana kurangnya pemahaman terhadap penggunaan handphone dengan presentase 72%, sulitnya memahami materi saat anak bertanya kecenderungan 65%, dan ibu yang tidak pandai mengajari anaknya sehingga membuat ibu menjadi emosional dengan presentase 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 15 Nov 2024 01:38
Last Modified: 15 Nov 2024 01:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39200

Actions (login required)

View Item
View Item